Waspada! Begini Cara Tepat Panaskan Mobil

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Begini Cara Tepat Panaskan Mobil
ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir setiap pemilik mobil sebelum menggunakannya memanaskan mesin terlebih dahulu. Aktivitas rutin ini merupakan langkah yang tepat agar mesin dapat bekerja secara optimal dan tidak bekerja berat secara mendadak.

Kendati demikian, masih banyak dari pemilik mobil tidak paham cara memanaskan yang benar dari sisi kesehatan. Perlu diketahui, gas buang yang dikeluarkan dari knalpot mobil adalah hasil sisa pembakaran yang mengandung Carbon Monoksida (CO), Hydro Carbon (HC), Nitrogen Oksida (Nox), dan kandungan gas lainnya yang dapat membahayakan kesehatan manusia.

Gas buang yang dikeluarkan dari knalpot mobil sangat mudah bercampur dengan udara bebas yang ada di sekitar mobil. Jika memanaskan mobil dalam waktu yang lama, maka akan semakin banyak campuran gas buang ke udara sekitarnya. Apalagi ditambah dengan posisi ujung knalpot mobil yang menghadap ke pintu atau jendela rumah.

Tentunya, hal ini akan mempercepat masuknya gas buang ke dalam rumah dan akan terganggu dengan menghirup langsung kandungan udara yang keluar dari knalpot tersebut. Kondisi seperti ini sudah seharusnya diperhatikan oleh pemilik mobil supaya kesehatan keluarga tetap terjaga.

Selain itu, agar udara di dalam rumah tetap terjaga dan bebas dari racun knalpot, maka lakukanlah beberapa hal yang berhubungan dengan memanaskan mobil.

Berikut empat hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil:

Memanaskan Mobil tidak Perlu Lama-lama
Cukup dua sampai tiga menit saja. Sebab, kondisi mesin mobil saat ini sudah tergolong canggih, sehingga lebih cepat untuk dapat mencapai suhu idealnya.

Posisikan Ujung Knalpot ke Udara Bebas
Saat mesin sedang dipanaskan, usahakan ujung knalpot menghadap ke udara bebas. Hal ini, agar gas buang tidak masuk ke dalam rumah atau ruangan.

Buka Garasi
Jika memanaskan mobil di garasi, sebaiknya buka garasi tersebut agar ada sirkulasi udara untuk keluarkan gas buang yang berasal dari knalpot mobil.

Jangan Injak Gas Saat
Tidak perlu menginjak gas saat memanaskan mobil, karena dengan putaran idle saja sudah cukup. Putaran tinggi pada rpm mesin akan menambah banyaknya gas buang yang dikeluarkan dari knalpot.

Maka dari itu, bagi pemilik mobil, mulai saat ini Anda perlu berhati-hati saat memanaskan kendaraan kesayangan Anda. Sayangi kesehatan keluarga Anda. (viva.co.id/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.