Waspada Dibobol, Jangan Gunakan Kata Sandi Ini di Akun Medsos Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada Dibobol, Jangan Gunakan Kata Sandi Ini di Akun Medsos Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com merupakan salah satu kunci untuk masuk ke akun (Medsos). Pada saat pengguna baru akan menggunakannya, terkadang orang malas memikirkan kata sandi yang harus digunakan. Dengan begitu mereka cenderung memilih yang simpel dan mudah diingat.

Sikap tersebut bukan mempermudah pengguna, akan tetapi justru akan merugikan pada dirinya sendiri dalam menggunakan media sosial. Kata sandi tidak boleh diremehkan, Anda sebagai pengguna seharusnya lebih menjaga keamanan informasi personal di dunia maya. Karena, orang yang memiliki niat jahat bukan tidak mungkin dengan mudah akan mengambil informasi yang Anda punya.

Dilansir PortalMadura.Com Senin (6/2/2017), pada laman republika.co.id, manajemen kata sandi SplashData merilis daftar kata sandi terburuk sepanjang 2016 yang punya tingkat keamanan sangat rendah sehingga mudah dibobol peretas. Kata sandi yang paling gampang ditebak adalah “123456” yang perlu segera diubah jika masih memakainya.

Selain itu, cukup banyak pengguna internet yang menggunakan kata sandi berbunyi “password”. Netizen dituntut lebih kreatif untuk mencari kombinasi huruf dan angka lain karena mengganti huruf “o” dengan angka “0” di kata password pun tidak ada bedanya.

Para penggila bola seakan kompak memakai kata sandi berbunyi “football” yang ada di urutan kelima. Kata sandi terburuk lain yang ada dalam daftar termasuk “qwerty”, “princess”, “login”, “welcome”, “1234567890”, “abc123”, “121212”, dan masih banyak lagi.

Pilihan itu kemungkinan tidak digunakan netizen di akun surel atau media sosial tertentu. Sebab, laman fakta Politifact menginformasikan bahwa Google tidak memperbolehkan penggunaan kata sandi yang mudah ditebak seperti “password”.

Akun Gmail, misalnya, meminta pengguna untuk menggunakan kata sandi yang terdiri dari kombinasi huruf, angka, dan simbol. Pengamanan itu dimaksudkan untuk melindungi pengguna agar akun tidak mudah diretas oleh orang-orang yang memiliki niat jahat.

Menyikapi hal itu semua, untuk perlindungan ekstra, Anda dapat menggunakan perangkat manajemen kata sandi seperti SplashData, LastPass, Dashlane, StickyPassword, dan masih banyak lagi.

Aplikasi tersebut memiliki banyak fitur termasuk membantu membuat kata sandi, memperbarui dengan yang lebih aman, dan mengumpulkan seluruhnya di satu tempat sehingga tidak ada kemungkinan lupa kata sandi. (republika.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.