Waspada, Gadget Bisa Percepat Proses Penuaan Dini

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada, Gadget Bisa Percepat Proses Penuaan Dini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Memasuki masa yang serba digital, gadget sudah menjadi sahabat setiap orang. Kemanapun aktivitas yang dilakukan, biasanya seseorang selalu membawa gadget untuk kepentingannya masing-masing. Tapi, tahukah Anda bahwa penggunaan gadget secara berlebihan bisa menyebabkan masalah kulit?.

Sebelumnya, polusi udara serta paparan sinar matahari menjadi penyebab utama berbagai masalah kulit, saat ini sumber kerusakan kulit bisa dari layar laptop ataupun handphone. Hal ini tentu menjadi tantangan tersendiri dalam merawat kecantikan wajah, karena walaupun berada di dalam ruangan Anda juga bisa terancam dari bahaya radiasinya.

Oleh karena itu, sebelum Anda menyesal karena tanda-tanda yang makin cepat hadir. Lebih baik sekarang Anda mulai merubah kebiasaan tersebut dengan membekali diri melalui perawatan kecantikan wajah. Berikut ini akan dijelaskan masalah yang bisa timbul akibat dari gadget dan layar komputer.

Leher Mudah Keriput
Tahukah Anda kebiasaan menunduk dan menatap layar handphone dalam waktu lama juga bisa berpengaruh pada tampilan leher?. Saat Anda menggeser kursor di layar handphone secara cepat dan kepala bergerak naik turun, akan terjadi pengenduran kulit. Karena posisi ini memberikan beban tambahan pada tulang dan otot yang berada di sekitar leher.

Coba luangkan waktu 5-15 menit untuk melakukan pemijatan pada leher dan rahang saat menggunakan serum maupun pelembap wajah. Sekalian sambil stretching juga penting lho. Coba pilih gerakan dasar yang biasa Anda lakukan saat senam di sekolah, itu sudah membantu mengendurkan otot leher yang tegang.
Kebiasaan ini juga mampu melatih otot dan mencegah kulit kendur. Bagi Anda yang menyukai perawatan relaksasi seperti pijat, mulai sekarang coba cari spa yang menyediakan perawatan facial pilates treatment.

Kulit Area Pipi Mudah Berjerawat
Tahukah Anda jumlah bakteri yang bersarang di layar handphone cenderung lebih banyak dibandingkan bakteri yang terdapat pada dudukan toilet?. Nah kalau Anda sering bermasalah dengan jerawat yang muncul di area pipi, coba perhatikan lagi kebersihan layar handphone Anda.  Setiap kali Anda menggunakan handphone untuk menelepon, bakteri pada jari akan berpindah, sehingga jumlah bakteri pun semakin bertambah.

Selain itu, terlalu lama menerima telepon tanpa menggunakan earphone dapat menyebabkan bakteri yang berada di layar berpindah pada kulit di area pipi. Jadi sebaiknya maksimalkan penggunaan earphone setiap kali Anda menerima telepon, atau selalu sediakan tisu antibakteri di dalam tas untuk memudahkan Anda dalam membersihkan layar handphone.

Mata Mudah Lelah
Menatap layar tanpa henti selama berjam-jam bisa menyebabkan kelelahan pada mata. Selain area kulit di sekitar mata lebih gelap, mata juga terlihat tidak fresh dan mengendur.

Coba sediakan tanaman hijau di samping layar komputer Anda, karena melihat objek berwarna hijau cenderung mampu meredakan rasa lelah pada mata. Selain itu maksimalkan kondisi kulit di sekitar area mata dengan memanfaatkan produk eye treatment yang berkualitas.

Pilihlah produk yang mampu menghidrasi area kulit sekitar mata sekaligus menjaga area mata dari kerutan dan garis-garis halus. Kalau merasa lelah, ada baiknya Anda memejamkan mata dulu 30 detik – 1 menit, lalu baru kembali beraktivitas.

Selain gadget, ada efek buruk lainnya yang bisa berpengaruh pada kecantikan yaitu layar komputer. Kebiasan menatap layar komputer selama 8 jam juga bisa memberi efek tidak baik. Ada sinar biru serta radiasi elektormagentik yang dihasilkan layar komputer yang dapat mempercepat proses penuaan dini.

Bahkan radiasi yang dihasilkan dari layar ini dapat memasuki kulit lebih dalam melebihi kemampuan UVB dan UVA. Lebih lanjut, efek radiasi dari layar komputer akan menyebabkan hiperpigmentasi dan inflamasi.

Tapi menurut pendapat ahli, seiring perkembangan teknologi, kualitas layar LCD atau layar mampu menekan efek buruk radiasi layar. Ada baiknya untuk berjaga-jaga menangkal efek buruk ini dengan mengonsumsi vitamin C serta gunakan produk skin care seperti serum, pelembap, dan sunscreen. Semoga bermanfaat.  (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.