Waspada! Gelombang Capai 3 Meter di Perairan Sumenep

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Gelombang Capai 3 Meter di Perairan Sumenep
ilustrasi ant

PortalMadura.Com, – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kalianget, Sumenep, Madura, Jawa Timur menghimbau agar seluruh pelayaran di perairan Sumenep terutama rute wilayah ke kepulauan agar waspada. Sebab, ketinggian gelombang mencapai 3 meter.

“Kondisi cuaca laut di perairan kepulauan Sumenep ini cukup ekstrim, gelombang tinggi dan angin kencang,” terang prakirawan BMKG Sumenep, Endriyono, Senin (19/1/15).

Menurutnya, ketinggian gelombang di perairan Masalembu mencapai 1,3- 3 meter, di perairan Kangean sekitar 0,8 – 2,5 meter dan untuk Selat Madura, ketinggian ombak berkisar 0,5-2 meter. Sedangkan kecepatan angin berkisar antara 5-45 km/jam.

“Kalau kondisi gelombang di atas 2 meter itu sudah menjadi peringatan bagi pelayaran. Makanya kami mengingatkan untuk pelayaran ke wilayah kepulauan supaya waspada, ditambah anginnya juga kencang,” ungkapnya.

Ditegaskan, kondisi cuaca ektrim tersebut diperkirakan bertahan hingga Februari 2015. Cuaca ektrim tersebut dipicu oleh tekanan rendah di selatan Jawa.

“Akibatnya timbul angin barat dengan kecepatan kencang. Kalau angin kencang, maka berpotensi menyebabkan tingginya gelombang,” tukasnya. (arifin/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.