Waspada! Ini 4 Penyakit yang Akan Muncul Jika Salah Pola Makan Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini 4 Penyakit yang Akan Muncul Jika Salah Pola Makan Saat Puasa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat puasa Ramadan, makanan yang dikonsumsi cukup menyita perhatian. Karena, apabila pola makannya salah maka bukan tidak mungkin akan berakibat tidak baik bagi pencernaan.

Salah satu hal yang perlu Anda lakukan adalah dengan mencari tahu apa penyebabnya. Dengan begitu Anda lebih mewaspadainya agar itu tidak terulang kembali. Bagaimana cara mengetahuinya?. Simak penjelasan di bawah ini:

Kembung
Makan, minum, makan lagi, minum lagi, terus seperti itu sampai kekenyangan, inilah penyebab perut kembung. Di lambung, cairanlah yang pertama kali diturunkan ke usus kecil setelah itu lambung akan mengeluarkan enzim dan asam. Jadi, sebaiknya minum dulu sebelum makan, jangan diselang-seling.

Selain itu, beberapa makanan juga berpotensi menyebabkan perut begah atau kembung: kol, brokoli, kubis, kale, kacang-kacangan, makanan berminyak, minuman bersoda dan lainnya.

Naiknya Asam Lambung
Penyebab yang umum adalah telat berbuka puasa dan juga langsung tidur setelah makan. Akibatnya, asam lambung sekaligus makanan yang Anda konsumsi terasa naik ke kerongkongan. Nyeri di ulu hati dan dada terasa panas.

Cara mencegahnya adalah tidak makan berlebihan, hindari makanan yang mengandung lemak tinggi serta kafein. Dan biasakan jangan tidur setelah makan. Jika ingin tidur, sebaiknya berikan jeda 2 hingga 3 jam setelah makan.

Sembelit
Konstipasi atau sembelit alias susah Buang Air Besar (BAB) bisa terjadi ketika asupan cairan dan serat dalam tubuh Anda kurang. Maka cara mencegahnya adalah dengan cukup minum air putih, mengonsumsi makanan berserat tinggi ketika sahur dan berbuka. Seperti buah dan sayuran.

Diare
Salah konsumsi makanan bisa sebabkan diare alias mencret. Biasanya Anda kalap ketika sahur dan berbuka, segala jenis jajanan masuk mulut, baik yang sehat maupun yang ‘sampah', padahal hal ini justru berpotensi menyebabkan terserang diare.

Jadi, perlu dipastikan makanan yang Anda konsumsi halal dan baik bagi kesehatan, agar di bulan ramadan ini Anda mendapat kesehatan pencernaan dan bukannya malah gangguan pencernaan karena salah pola makan. Semoga bermanfaat. (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.