Waspada! Ini 6 Alasan Anda Sering Menguap Meski Tak Mengantuk

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Ini 6 Alasan Anda Sering Menguap Meski Tak Mengantuk
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Menguap biasanya identik dengan . Bila Anda lelah dan perlu istirahat, seringkali ditandai dengan menguap dan pada akhirnya tidur. Tapi di lain kasus, meskipun sedang dalam keadaan tidak mengantuk, ada beberapa orang yang tetap menguap.

Tahukah Anda bahwa ternyata bukan hanya menjadi tanda bahwa Anda mengantuk melainkan merupakan gejala dari beberapa penyakit yang menyerang Anda. Sebagian orang mungkin tidak mengetahuinya tapi Anda perlu mewaspadainya.

Lantas, penyakit apa saja kah itu?. Ini penjelasannya:

Masalah Lever
Jika Anda sering menguap selama beberapa waktu padahal Anda sama sekali tidak mengantuk, coba lakukan tes atau uji kesehatan lever. Sebab masalah lever juga biasanya ditandai dengan seringnya menguap.

Multiple Sclerosis
Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa orang yang menderita Multiple Sclerosis atau MS juga akan menderita disfungsi thermoregualtory atau ketidakmampuan untuk mengontrol suhu tubuh mereka sehingga pada akhirnya akan sering membuat mereka menguap.

Masalah Otak
Alasan lain kenapa Anda sering menguap biasanya disebabkan oleh radang otak yang terjadi saat Anda mengalami stroke ringan. Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa menguap berlebihan adalah gejala dari pasien yang mengalami peradangan di batang otak mereka.

Epilepsi
Mungkin Anda akan terkejut. Namun keseringan menguap juga bisa menjadi tanda epilepsi. Sebab gangguan kesehatan ini akan menyebabkan otak mengirimkan sinyal yang abnormal sehingga dapat membuat Anda menguap secara berlebihan.

Efek Samping Obat
Beberapa jenis obat yang diresepkan mampu membuat Anda merasa lelah dan merasa bahwa energi terkuras sehingga Anda pun akan sering menguap. Jenis obat-obatan yang biasanya membuat Anda mengantuk adalah yang mengandung SSRIs (selective serotonin reuptake inhibitors) atau antihistamines.

Gangguan Tidur
Dalam banyak kasus, salah satu alasan mengapa Anda sering menguap adalah karena Anda mengalami gangguan tidur yang membuat Anda kurang tidur. Hal ini akan membuat Anda menguap saat terjaga. Jadi agar Anda tidak sering menguap, coba perbaiki pola tidur.

Itulah alasan mengapa Anda menjadi sering menguap. Oleh karena itu, jika Anda mengalami gejala yang sama, lebih baik cari tahu alasan di balik kenapa Anda sering menguap. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.