Waspada! Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda Setelah Minum Soda

Avatar of PortalMadura.com
Waspada! Ini yang Terjadi Pada Tubuh Anda Setelah Minum Soda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Sekarang ini, sudah banyak varian minuman yang mengandung soda. Rasanya yang manis dan hadir dengan berbagai cita rasa yang nikmat membuat minuman ini semakin digemari banyak orang. Mulai dari anak kecil sampai yang sudah usia lanjut.

Apakah Anda salah satu dari penggemar minuman bersoda?. Mungkin Anda harus pikir-pikir lagi, karena minum soda ternyata memiliki banyak efek buruk pada tubuh. Tanpa Anda sadari satu atau dua kaleng soda saja sudah berpengaruh buruk pada kesehatan, seperti obesitas dan diabetes.

Tapi apa sebenarnya yang terjadi di dalam tubuh Anda setelah minum soda?. Ini yang terjadi di dalam tubuh Anda setelah 10, 20, 40 dan 60 menit minum soda.

Setelah 10 menit: Sepuluh sendok teh gula yang masuk ke tubuh memenuhi kebutuhan gula harianmu. Dalam tahap ini, masih aman dan konsumsinya wajar.

Setelah 20 menit: Kadar gula darah naik dan insulin dilepaskan ke pembuluh darah, dan organ hati merespon dengan cara mengubah gula menjadi lemak.

Setelah 40 menit: Memasuki waktu ini, tubuh menyerap kafein soft drink, pupil mata melebar, tekanan darah meningkat, dan hati memompa lebih banyak gula ke dalam aliran darah. Anda merasa lebih waspada. Lima menit kemudian, tubuh meningkatkan produksi dopamin yang menimbulkan rasa menyenangkan di otak.

Setelah 60 menit: Anda akan merasa ingin buang air kecil untuk mengeluarkan mineral lain yang tidak diserap tubuh, seperti kalsium, seng, magnesium, sodium, elektrolit dan air. Namun setelah itu, tubuh akan merasa lelah, kehausan dan lemas.

Ahli farmasi, sekaligus pengelola blog The Renegade Pharmacist, Niraj Naik, mengungkapkan bahwa minuman bersoda dan gula di dalamnya sangat bisa menaikkan berat badan dengan cepat, menaikkan tekanan darah, mengacaukan metabolisme dan meningkatkan penyakit jantung. Jadi, ia menyarankan untuk mengganti soda dengan minuman lain seperti es lemon atau jus saja.

Sudah tahu kan apa yang terjadi di dalam tubuh setelah minum soda?. Jika memang efeknya tidak terlalu baik untuk tubuh, yuk kurangi konsumsinya dari sekarang. Jaga kesehatan Anda sebelum hal buruk terjadi. Lebih baik mencegah daripada mengobati. (vemale.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.