PortalMadura.com

Waspada, Inilah 5 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental

  • Jumat, 7 Oktober 2016 | 07:00
Waspada, Inilah 5 Perilaku Anak yang Menunjukkan Gejala Gangguan Mental
ilustrasi

PortalMadura.Com – Tuntutan lingkungan dan kemampuan beradaptasi anak yang masih belum berkembang, kerap membuat anak stres dan tertekan.

Sayangnya, orangtua sendiri kadang tidak tahu, apakah perilaku anak sudah menunjukkan gangguan mental atau masih dalam tahap normal? Yuk dilihat, 10 perilaku anak yang menunjukkan gangguan mental yang tak boleh diabaikan orangtua:

Tak lagi main dengan teman-temannya
Bila anak Anda mendadak tak bermain lagi dengan teman-temannya, itu bisa menunjukkan adanya masalah. Perilaku itu bisa menandakan adanya pertengkaran atau indikasi ada sesuatu pada mood anak. Apa pun penyebabnya, orangtua perlu mengajak anak berbicara.

Terjaga sampai malam dan merasa cemas
Jika si kecil tidak juga mau tidur sampai malam dan merasa cemas, sangat penting untuk membantu anak melawan kecemasannya. Ajak anak bicara untuk mengetahui apa penyebab rasa cemasnya dan beri dukungan untuk membuatnya lebih kuat.

Advertisement
Iklan Murah

Melukai diri sendiri
Ada berbagai bentuk perilaku melukai diri sendiri. Pada anak berusia lebih kecil mungkin mereka mencakar atau memukul diri sendiri. Anak praremaja dan remaja bisa mengiris kulitnya atau membakar. Jangan abaikan perilaku anak tersebut, walau Anda merasa itu tak serius. Apalagi jika anak juga menunjukkan gejala gangguan emosional lainnya seperti mengurung diri, tidak nafsu makan, dan sebagainya.

Lari dari rumah ketika marah
Anak di usia berapa pun sering bersikap impulsif dengan lari ke luar pintu saat marah. Perilaku ini sebaiknya tidak dianggap normal karena menunjukkan kurangnya mekanisme koping (kemampuan menyesuaikan diri atau bertahan dalam masalah). Sikap lari dari rumah juga akan membahayakan dirinya.

Perilaku kasar dan agresif
Jangan abaikan perilaku anak yang menjadi kasar dan agresif. Hal itu dapat menunjukkan ketidakmampuannya menahan diri. Perilaku ini juga perlu diatasi sebelum anak mencapai dewasa. (kompas.com/choir)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional