PortalMadura.com

Waspada Resiko Kematian! Jangan Gunakan Laptop dan Ponsel di Kasur

  • Senin, 9 Januari 2017 | 15:00
Waspada Resiko Kematian! Jangan Gunakan Laptop dan Ponsel di Kasur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Bermain laptop adalah hal yang menyenangkan ketika sambil tidur-tiduran di kasur. Banyak hal yang bisa dilakukan, mulai dari main game, dengerin musik, liat fim, dan lain sebagainya. Kebiasaan ini sering dilakukan seseorang ketika sedang bermalas-malasan.

Perlu Anda ketahui, bahwa sebenarnya kebiasaan ini ternyata tidak baik bagi kesehatan dan bisa menimbulkan bahaya. Apalagi di saat bermain laptop sambil men-charger dalam kondisi baterai di atas kasur. Hal ini akan memicu kebakaran atau bahkan meledak lantaran panas yang berlebihan. Penyebabnya, karena bagian bawah laptop mengeluarkan panas.

Apabila Anda meletakkannya di atas kasur, lama-kelamaan panas dari laptop tersebut bisa membakar sprei yang memiliki permukaan lembut dan mudah terbakar. Hal serupa juga berlaku untuk pengguna smartphone.

Kasus kebakaran hingga kematian gara-gara salah menggunakan laptop atau ponsel sudah sering terjadi. Misalnya kasus terbaru juga terjadi di Inggris, dimana pengguna smartphone atau laptop mengalami kebakaran di kasurnya. Beruntung api tidak membesar dan dapat segera dipadamkan.

Advertisement
Iklan Murah

Kesalahan ini jangan dianggap sepele karena akan berakibat buruk pada keselamatan Anda dan juga pada keluarga kesayangan. Apabila kondisi rumah sudah terbakar hangus tentunya tidak sedikit yang harus dikorbankan untuk membangunnya lagi. Tidak hanya itu, jika menyangkut dengan nyawa, siapa yang akan bertanggung jawab terkecuali diri sendiri.

Oleh karena itu, bagi pengguna laptop atau ponsel untuk terus berhat-hati dalam menggunakannya. Cara yang tepat adalah letakkan laptop pada permukaan yang padat, seperti meja atau lantai. Akan lebih baik jika Anda membelikan kipas pendingin untuk menetralisir panas di bagian bawah laptop. Jadi, kemungkinan terjadinya kebakaran akan semakin sedikit.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan benda-benda di sekitar untuk menetralisir panas. Seperti meletakkan laptop di lantai saat digunakan dan mengisi daya. Pasalnya, permukaan lantai keramik yang padat dan cenderung dingin mampu mendinginkan laptop Anda ketika sedang digunakan. Hal yang sama juga bisa Anda lakukan untuk smartphone ketika mengisi daya. (viva.co.id/Putri)

Advertisement
Iklan Murah
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional