IPTEK  

Waspada! Search Engine Palsu Akan Merusak PC

Avatar of PortalMadura.Com
Waspada! Search Engine Palsu Akan Merusak PC
ilustrasi AdwCleaner

PortalMadura.Com – Pada saat membuka halaman awal browser dari PC, kadang tidak langsung muncul pada halaman Google atau halaman yang disetting sebelumnya.

Bila itu terjadi, berarti Search Engine (mesin pencari) pada PC Anda perlu dicurigai telah ada malware “browser hijacker”, misalnya sweet-page.com.

(Sweet-Page.com is a browser hijacker, which is promoted via other free downloads, and once installed it will change your browser homepage to sweet-page.com).

Berarti, PC Anda telah terinfeksi, penjahat dunia maya dengan jarak jauh mengakses dan menginstal malware, spyware, dan program-program yang tidak diinginkan lainnya ke sistem Anda.

Dampaknya, pada saat browsing dari PC Anda ke internet akan menjadi lambat alias lelet.

Salah satu cara untuk menghilangkan, “browser hijacker” atau “virus” malware tersebut dari peramban atau halaman browser Anda gunakan Adware Cleaner (AdwCleaner).

Caranya:
1. Download program AdwCleaner.
2. Sebelum install program AdwCleaner, tutup semua program dan browser internet yang sedang dibuka.
3. Doble klik ikon AdwCleaner hasil download tadi (proses intall).
4. Setelah install selesai, program AdwCleaner akan terbuka.
5. Klik tombol Scan, tunggu beberapa saat maka program ini akan berjalan
6. Selesai scanning, klik tomblol Clean, untuk membersihkan browser-browser yang tidak diperlukan.

Disebutkan dalam blogamka, browser pembajak atau mesin pencari palsu bisa tiba-tiba hadir pada PC atau Laptop setelah Anda mendownload suatu aplikasi yang secara otomatis mengaktifkan mesin pencari palsu pada PC atau Laptop, antara lain:

Babylon Search, WebsSearches.Com, Nationzoom.Com, Mywebsearch.com, tumri.net, search.imesh.net, search-results.com, search.mindspark.com, search.conduit.com, search.zugo.com, www2.mystart.com, mystart.com, bigseekpro.com, bigspeedpro.com, search.esnips.com, search.foxtab.com, search.brothersoft.com, search.softonic.com, search.infospace.com, search.iminent.com, search.facemoods.com, plusnetwork.com, alothome.com, search.alothome.com, search.chatvibes.com, searchnu.com, search.etype.com, searchya.com, int.search-results.com, search.searchcompletion.com, adoresearch.com, searchcore.net, googosearch.info, bar.searchqu.com
search.speedbit.com, search.toggle.com, click.searchnation.net, search.handycafe.com, searchnation.net, video.searchcompletion.com, searchbrowsing.com, search.sweetpacks.com, search.guardi.us, search.sweetim.com.(har)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.