PortalMadura.com

Waspada! Terkena Paparan Pestisida Percepat Masa Puber Pria

  • Sabtu, 15 April 2017 | 09:00
Waspada! Terkena Paparan Pestisida Percepat Masa Puber Pria
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda mendengar bahwa ternyata pestisida yang Anda gunakan untuk membunuh organisme hidup yang mengganggu tumbuhan dan ternak sangatlah berbahaya bagi kesehatan tubuh manusia?.

Ya, pasalnya, jenis pestisida ini menjadi salah satu penyebab terjadinya kematangan seksual lebih awal atau lebih dikenal dengan sebutan pubertas dini yang bisa terjadi pada anak-anak. Sedangkan pubertas dini sendiri dapat meningkatkan risiko penyakit di masa dewasa, seperti, kanker testis pada laki-laki dan kanker payudara pada perempuan serta menghambat pertumbuhan seorang anak.

Seorang profesor di Universitas Zhejiang di Cina yang bernama Jing Liu mengatakan, kelas pestisida yang dipelajari seperti piretroid, menyumbang lebih dari 30 persen dari penggunaan insektisida secara global. Zat kimia ini juga merupakan bahan kimia endokrin yang dapat mengganggu hormon tubuh.

“Kami mengakui piretroid merupakan kontributor lingkungan yang baru dengan tren yang diamati dapat membuat kedewasaan seksual dini pada anak laki-laki,” kata Liu.

Kapolres Sumenep

Manusia cenderung mendapatkan eksposur piretroid dari makanan dan beberapa alat yang digunakan di rumah. Bukti paparan baru-baru ini muncul dalam urin manusia sebagai metabolit, atau molekul, yang disebut asam 3-phenoxybenzoic (3-PBA).

Dalam sebuah studi dari 463 anak laki-laki berusia 9 sampai 16 tahun, para peneliti menemukan bahwa peningkatan 10 persen dalam 3-PBA dikaitkan dengan peningkatan 4 persen luteinising hormone (LH) dan follicle-stimulating hormone (FSH). Kedua hormon ini dapat memacu produksi testosteron pada laki-laki.

Karena sulit untuk menguji penyebab faktor risiko lingkungan pada manusia, para peneliti berusaha untuk mengidentifikasi pada hewan bagaimana piretroid mengubah waktu pubertas.

Mereka menunjukkan bahwa cypermethrin memiliki efek langsung dengan menginduksi pembentukan testosteron dan mengganggu proses intraseluler yang sangat penting untuk perkembangan seksual laki-laki.

“Mengingat meningkatnya penggunaan insektisida piretroid, kita harus hati-hati dengan bahan kimia ini mengingat risiko mereka untuk kesehatan anak-anak,” kata Liu. (suara.com/Lala)

Hut RI
Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional