Waspada! Virus Ebola Intai Jamaah Haji

Avatar of PortalMadura.Com
foto ilustrasi channelstv
foto ilustrasi channelstv

PortalMadura.Com, Sumenep mengintai keselamatan seluruh jamaah haji termasuk asal Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Virus mematikan itu terindikasi menyebar di Negara Arab Saudi.

“Sebagai antisipasi, kami akan melakukan penyuluhan secara khusus kepada calon jamaah haji (CJH) tentang penularan virus itu,” kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sumenep, Ahmad Fathani, Senin (11/8/2014).

Dia menyatakan, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI telah mengintruksikan agar sebelum CJH berangkat dibekali informasi soal virus ebola, sebab virus yang penularannya lebih gampang dibanding virus HIV/AID itu ditengarai menyebar di Arab Saudi.

“Jangan sampai jamaah haji nanti tertular virus tersebut. jamaah haji harus steril dari virus mematikan itu,” ujarnya.

Dinkes juga akan memeriksa jamaah haji setelah pulang dari ibadah haji, guna memastikan bahwa mereka bebas dari virus ebola.

“Jika memang ditemukan ada jamaah yang terjangkit, kami akan melakukan tindakan. Tapi semoga saja tidak ada yang tertular virus tersebut,” harapnya.

Virus Ebola merupakan salah satu penyakit paling mematikan, sehingga Badan Kesehatan Dunia (WHO) menyatakan mewabahnya virus ebola itu sebagai kondisi darurat kesehatan ditingkat dunia. (arif/htn)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.