PortalMadura.com

Wisman Empat Negara Tiba di Sumenep Langsung Kunjungi Masjid Jamik

  • Sabtu, 22 Oktober 2016 | 12:15
Wisman Empat Negara Tiba di Sumenep Langsung Kunjungi Masjid Jamik
Wisman Tiba di Sumenep

PortalMadura.Com, Sumenep – Sedikitnya 100 wisatawan mancanegara (wisman) dari empat negara yakni Amerika, Inggris, Belanda, dan Australia mengunjungi sejumlah tempat wisata di Sumenep, Madura, Jawa Timur, Sabtu (22/10/2016).

Mereka tiba di Sumenep menggunakan kapal pesiar. Dari Pelabuhan Kalianget, para turis tersebut dibawa menuju Masjid Jamik, kemudian berjalan kaki menuju Pendopo Agung dan Keraton Sumenep.

Di pintu masuk keraton Sumenep, mereka disambut dengan kalungan rangkaian bunga melati sebagai bentuk ucapan selamat datang. Mereka disambut langsung Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olah Raga (Disbudparpora) Sumenep, Sufiyanto.

“Kunjungan wisman ke Sumenep ini sudah kedua kalinya dalam bulan ini. Mereka akan melihat sejumlah objek wisata di Bumi Sumekar ini,” ungkap Kepala Disbudparpora Sumenep, Sufiyanto.

Di Pendopo Agung, mereka disuguhi tarian khas Sumenep ‘Muang Sangkal’, ‘Ghambu’, dan tari topeng dalang. Selain itu, para turis juga diajak untuk menikmati minuman khas Sumenep berupa ‘pokak’ atau minuman hangat yang terbuat dari gula merah dan jahe, kemudian makanan tradisional berupa getas.

“Kami sengaja menyuguhkan budaya Sumenep dalam menyambut kedatangan para turis mancanegara ini, sebagai upaya mengenalkan budaya Sumenep kepada mereka,” ujarnya.

Ia menyampaikan, mereka mayoritas mengagumi keunikan budaya Sumenep yang masih kental bernuansa keraton. Bahkan ingin kembali lagi mengunjungi Sumenep.

“Mereka senang, terasa benar-benar berada di sebuah jaman kerajaan,” bebernya.

Setelah dijamu di Keraton Sumenep, rombongan wisman tersebut menuju Bluto untuk menyaksikan kerapan sapi dan sapi sonok yang telah disiapkan. (arifin/choir)

loading...
Berita Pilihan

Hari Jadi Pamekasan

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional