Wow, Bisa Lihat Bintang Saat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016

Avatar of PortalMadura.Com
Wow, Bisa Lihat Bintang Saat Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016
ilustrasi

PortalMadura.Com – Gerhana matahari total yang diprediksi bakal terjadi dan melintasi sebagian wilayah Indonesia, Anda dapat melihat bintang.

Peristiwa saat seluruh piringan Bulan menutupi Matahari, maka langit menjadi gelap. Sejumlah bintang akan terlihat dengan mata telanjang. Waktunya, hanya pada saat fase gerhana total.

Bintang yang terlihat itu, yakni bintang yang maksimal memiliki magnitudo +3. Karena saat gerhana total langit dekat horizon ada cahaya yang sedikit terang dan itu mengakibatkan polusi cahaya yang cukup signifikan.

Dikutip PortalMadura.Com, Minggu (21/2/2016) dari infoastronomy.org, wilayah-wilayah yang dilintasi jalur gerhana total adalah Palembang (dengan durasi gerhana 1 menit 52 detik), Bangka & Belitung (2 menit 10 detik), Balikpapan (1 menit 9 detik).

Selain itu, Luwuk (2 menit 50 detik), Sampit (2 menit 8 detik), Palu (2 menit 4 detik), Ternate (2 menit 39 detik), Bangka (2 menit 8 detik), Palangkaraya (2 menit 29 detik), Poso (2 menit 40 detik), serta Halmahera (1 menit 36 detik).

Sedangkan wilayah lain, hanya akan melihat Gerhana Matahari sebagian atau Parsial, mulai dari 60-90%.

Jakarta misalnya, hanya kebagian gerhana Matahari sekitar 86%, berbeda dengan Palembang yang mendapat jatah gerhana Matahari 100% total.(infoastronomy.org)

Infografis Gerhana Matahari Total 9 Maret 2016:

Ist. infografis gmt
Ist. infografis gmt

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.