PortalMadura.com

Wow, Ini Cara Dinginkan Ruangan dengan Botol Plastik Bekas

  • Kamis, 30 Juni 2016 | 15:00
Wow, Ini Cara Dinginkan Ruangan dengan Botol Plastik Bekas
ilustrasi

PortalMadura.Com – Bangladesh merupakan sebuah negara di Asia Selatan yang kerap dilanda cuaca panas hingga mencapai 45 derajat celcius. Sayangnya, rata-rata penduduk di sana berekonomi rendah, sehingga mereka akan berpikir dua kali untuk membeli AC. Oleh karena itu, muncul inisiatif untuk mengusir hawa panas dengan cara amat sederhana.

Sebuah badan sosial baru memberikan solusi sederhana dengan menciptakan Eco-Cooler, sistem pendingin yang bisa dibuat sendiri, yang terdiri dari botol-botol plastik bekas dan sepotong kardus yang bisa dipasang di jendela.

Perangkat sederhana ini juga bisa dipasang di papan, dengan lubang-lubang seukuran leher botol dibuat dalam bentuk kisi-kisi, dan tidak diperlukan listrik sama sekali.

Grameen Intel, sebuah teknologi informasi bisnis sosial, bekerja sama dengan lembaga promosi Grey Dhaka telah mengembangkan proyek ini. Februari lalu, kerjasama ini telah menghasilkan sistem pendingin untuk lebih dari 25.000 rumah tangga di Bangladesh.

Advertisement
Iklan Murah

Terbukti, Eco-Cooler ini dikatakan mampu menurunkan suhu panas setidaknya 5-10 derajat Celcius dalam waktu singkat dalam gubuk-gubuk kecil di Bangladesh.

Untuk membuat sistem pendingin ini mudah sekali. Ambil selembar kardus, potong seukuran jendela. Kemudian buat lubang-lubang seukuran leher botol dalam pola kisi-kisi besar. Lalu, kumpulkan sebanyak mungkin botol plastik bekas minuman mineral. Iris bagian bawah botol dan iris juga bagian atas tutup botolnya. Pasang leher botol ke dalam lubang kardus, kencangkan dengan tutupnya yang sudah dilubangi. Setelah rangkain botol yang menancap di kardus ini selesai, kemudian pasang di jendela rumah.

Sekilas, Anda mungkin tidak akan percaya bagaimana bisa botol-botol itu akan mendinginkan suhu ruangan yang amat panas. Ternyata, cara kerjanya mirip dengan mulut saat meniupkan angin. Angin yang masuk melalui bagian tengah botol akan dihempaskan melalui tutup botol dengan tekanan yang lebih keras. Sehingga hempasan angin yang bertubi-tubi akan membuat suhu ruangan menjadi sejuk. (berbagaisumber/Salimah)

Advertisement
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Iklan Murah
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional