Wow!!! Ini Khasiat Getah Buah Pepaya yang Belum Anda Ketahui

Avatar of PortalMadura.Com
Wow!!! Ini Khasiat Getah Buah Pepaya yang Belum Anda Ketahui
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Buah merupakan salah satu buah tropis yang banyak tumbuh subur di Negara Indonesia. Selain mudah dijangkau di sekitar rumah harganya pun juga cukup murah.

Banyak manfaat yang terkandung dalam buah pepaya ini, mulai dari daging buahnya, daun, bahkan hingga getah dari buah ini juga memiliki kegunaan yang luar biasa. Kebanyakan orang tidak mengetahui tentang keistimewaan dari getah ini, biasanya mereka membersihkan getah tersebut ketika hendak memakan buah atau daun pepaya.

Padahal, didalam getah itu terdapat enzim protease (pemecah protein dalam makanan) berupa papain dan kimopapain. Selain itu lebih dari 50 asam amino terkandung di dalamnya yang berfungsi untuk meregenerasi sel-sel yang rusak menjadi baru. Nah, dari kandungan zat-zat baik di dalam getah buah pepaya tersebut ternyata juga mempunyai berbagai manfaat loh.

Penasaran apa saja manfaatnya? Yuk simak dibawah ini:

Mengobati Tumit Kaki Pecah-pecah
Tumit kaki pecah-pecah merupakan problem yang sering menghampiri terutama saat musim kemarau tiba. Karena, cuaca yang panas membuat kulit cepat kehilangan kelembapannya sehingga memicu pecah-pecah di tumit kaki. Pastinya tidak ada yang menginginkan tumit kaki pecah-pecah dan kering bukan?. Lalu bagaimana mengatasinya?

Caranya, sediakan saja buah pepaya, cuci bersih pepaya tersebut kemudian toreh atau gores permukaan kulit buah pepaya tunggu hingga getahnya keluar. Kemudian oleskan pada kaki yang pecah-pecah dan kering. Tunggulah 10-15 menit, lalu bilas dan keringkan. Lakukan langkah ini sekali dalam sehari ya.

Menghilangkan Jerawat
Problematika jerawat juga tidak kalah heboh melanda sebagian besar kaum muda, terutama wanita. Sebenarnya, ada banyak cara untuk mengusir jerawat dari wajah Anda, salah satunya dengan cara alami yaitu getah buah pepaya. Belum banyak yang tahu kalu getah buah pepaya memiliki khasiat yang hebat. Lalu bagaimana cara pengaplikasiannya? Berikut ini langkah-langkahnya:

Caranya, bersihkan wajah terlebih dahulu agar terhindar dari bakteri penyumbat pori-pori. Oleskan getah pepaya menggunakan kapas di area wajah yang berjerawat. Lalu diamkan sampai getah tersebut mengering. Bilas dengan air hangat untuk mengangkat sisa getah yang ada di wajah. Lakukan secara rutin hingga jerawat Anda hilang.

Menghilangkan Bekas Kulit Terbakar
Tips ini mungkin akan berguna jika Anda atau kerabat mengalami luka bakar ringan. Luka bakar ringan yang dimaksud bukan luka yang berada di area vital seperti leher, wajah atau anggota penting lainnya dan tentunya luka ringan ini masih bisa ditangani sendiri.

Caranya cukup mudah, hanya siapkan pepaya muda lalu cuci, gores-gores permukaan kulitnya hingga getahnya keluar. Oleskan getah tersebut pada luka dan tunggu beberapa saat. Nah, gimana? Mudah Bukan? Tunggu apalagi, mulai sekarang yuk jangan anggap remeh getah pepaya ini. Selamat mencoba ya. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.