Wow, Ternyata 4 Bahan Dapur Ini Dipercaya Ampuh Atasi Sariawan

Avatar of PortalMadura.com
Wow, Ternyata 4 Bahan Dapur Ini Dipercaya Ampuh Atasi Sariawan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Pernah mengalami ?. Jika iya, pasti akan membuat Anda merasa tidak nyaman. Apalagi saat mengunyah makanan, gesekan makanan yang masuk ke dalam mulut biasanya akan membuat perih dan selera makan pun menjadi terganggu.

Apabila Anda mengalaminya, berarti ini menandakan bahwa kekebalan tubuh Anda sedang lemah, stres, atau kebersihan mulut yang buruk. Jika masalah ini dibiarkan, proses pemulihannya biasanya akan lama.

Jadi, akan lebih baik jika Anda melakukan beberapa perawatan alami ini agar sariawan Anda cepat sembuh. Lantas, apa yang harus dilakukan?. Simak penjelasan berikut ini:

Bawang Putih
Bahan dapur ini merupakan ramuan yang memiliki sifat antiseptik dan antibakteri yang bila dioleskan secara langsung, membantu mencegah infeksi pada mulut.

Allicin, senyawa aktif bawang putih, membantu mengurangi radang pada luka dan meningkatkan aktivitas seluler yang membantu penyembuhan lebih cepat.

Cara menggunakannya, haluskan bawang putih sampai membentuk pasta, kemudian gosok pasta di atas luka selama dua sampai tiga menit. Bilas dengan air yang banyak dan ulangi penggunaannya dua kali sehari.

Biji Jeruk Bali
Ekstrak alami yang didapat dari biji jeruk bali memiliki antibiotik kuat yang membantu menghancurkan kuman yang memprovokasi infeksi pada mulut. Antioksidan dan senyawa disinfektan melindungi kulit yang terluka di sekitar luka sembari mengurangi peradangan dan mencegah bau saat sariawan.

Caranya, tambahkan beberapa tetes ekstrak biji jeruk bali ke secangkir air hangat dan gunakan sebagai obat kumur setelah menggosok gigi. Ulangi perawatan ini hingga tiga kali sehari.

Yogurt Alami
Asam laktat dalam yogurt membantu mengatur pH mukosa di mulut. Dengan cara ini, yogurt dapat mengurangi keasaman dan meningkatkan kehadiran bakteri sehat. Langsung menerapkan yogurt alami meningkatkan keadaan kulit yang terkena sariawan dan mencegah timbulnya infeksi.

Caranya, konsumsilah setidaknya setengah cangkir yogurt alami dalam sehari, pastikan dia terkena daerah yang sariawan.

Kunyit
Pasta yang dibuat dengan kunyit bisa menjadi solusi efektif untuk mengatasi sariawan dan masalah lain yang mempengaruhi kesehatan mulut Anda. Akar pada kunyit mengandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin, selain warnanya khas, kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan antibiotik.

Caranya, ambil sedikit kunyit bubuk, basahi dengan sedikit air, dan oleskan pasta ke luka. Biarkan selama dua sampai tiga menit sebelum dibilas. Lakukan perawatan ini dua sampai tiga kali sehari.

Demikian beberapa bahan alami yang bisa Anda coba untuk mengatasi masalah sariawan. Jika Anda melakukannya secara rutin dan sesuai petunjuk di atas, maka sariawan Anda akan hilang dan tidak mengganggu Anda lagi. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.