Yuk, Ajarkan Kebiasaan Baik Ini Pada Anak Prasekolah

Avatar of PortalMadura.Com
Yuk, Ajarkan Kebiasaan Baik Ini Pada Anak Prasekolah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Orangtua akan menjadi role Model bagi dalam bersikap dan bertutur kata. Mengajarkan kebiasaan baik sedini mungkin sama halnya dengen membuat fondasi bagi kepribadian mereka di masa depan.

Maka dari itu coba terapkan kebiasaan baik dari diri Anda agar mereka mengikutinya, dimulai dari :

Kebersihan

Ajarkan pada anak Anda tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kerapian. Memang wajar jika anak usia prasekolah masih berantakan, tapi Anda harus mengajari mereka pentingnya memiliki kebiasaan rapi. Mulailah dengan bekerja sama bersama mereka menaruh kembali mainan di tempatnya dan mengaturnya secara rapi.

Kesehatan

Membiasakan diri dengan pola hidup sehat akan bermanfaat untuk kelangsungan hidup kita. “Mencegah lebih baik dari pada mengobati”. Ajarkan anak-anak kita untuk selalu menjaga kesehatan dengan makan makanan sehat dan bergizi seperti sayur dan buah-buahan. Beri tahu anak kita mana saja makanan atau jajanan yang sehat dan tidak sehat untuk tubuh kita.

Biasakan Mengatakan Tolong

Ajarkan pada mereka bahwa kita harus bilang “minta tolong” jangan menyuruh seenaknya, apalagi pada orang tua. Dan jangan bosan untuk terus mengingatkan anak kita, karena kadang anak-anak lupa atau belum terbiasa.

Kejujuran

Pada anak usia prasekolah, arti kejujuran mungkin belum begitu dipahaminya. Tetapi mulailah memberi contoh dengan selalu berbuat jujur, misalnya tepat waktu, menepati janji kepada anak, mau mengakui kesalahan, serta tidak berkata bohong.

Tepat Waktu

Tanamkan sejak dini agar mereka menghargai waktu. Mulai dari berangkat ke sekolah tepat pada waktunya, dan kita yang harus mengatur waktu mulai dari bangun tidur, sarapan, mandi, sampai waktunya pergi ke sekolah agar tidak telat.

Menabung

Menabung adalah hal yang sangat baik untuk kita ajarkan pada anak dengan cara belikan celengan berbentuk burung atau ayam atau apa saja yang disukai anak – anak. Lalu isi tabungan itu dengan sisa uang jajan nya. Anak – anak pasti senang jika suatu saat tabungan nya sudah banyak.

Membaca Doa

Doa merupakan kunci rahmat, ajarkan pada anak kita untuk selalu berdoa ketika akan memulai sesuatu. Seperti doa sebelum makan, doa sebelum tidur dan lain sebagainya. Berdoa di saat susah dan di saat duka. (kompas.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.