PortalMadura.com

Yuk, Ikuti Gaya Hidup Rasulullah Agar Tetap Sehat dan Bugar

  • Senin, 9 Mei 2016 | 17:00
Yuk, Ikuti Gaya Hidup Rasulullah Agar Tetap Sehat dan Bugar
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Hidup sehat merupakan dambaan setiap orang. Namun, kebanyakan orang-orang tidak melakukan gaya hidup yang benar dalam rangka mewujudkan dambaan mereka itu sendiri.

Sehingga, ada banyak jenis penyakit yang mengintai manusia. Penyebab penyakit berbahaya ini muncul pun cukup beragam, bisa jadi jenis makanan yang dikonsumsi atau bisa juga dari pola hidup yang tidak sehat.

Namun tahukah Anda, bahwa tidak hanya berolahraga dan makan makanan bergizi untuk mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar. Suri taudalan kita Rasulullah telah mencontohkan gaya hidup sehat untuk menjaga kebugaran.

Berikut lima gaya hidup sehat Ala Rasulullah yang juga terbukti secara ilmiah:

Rasulullah Tidak Makan Sebelum Lapar dan Tidak Berlebihan dalam Makan
Gaya hidup yang dijalani oleh Nabi Allah yang terakhir ini sungguh bisa dijadikan teladan bagi umat zaman sekarang. Salah satunya, Rasulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan. Hal itu terbukti menyehatkan secara ilmiah. Berat badan pun jadi lebih ideal.

Rasulullah Duduk ketika Hendak Minum
Ketika merasa haus, Rasulullah biasa meminum air dengan duduk terlebih dahulu. Cara ini juga terbukti menyehatkan secara ilmiah, dimana ketika kita meminum air dengan posisi masih berdiri akan ada katup yang belum siap menerima tekanan air dan ketika duduk katup itu terbuka dan siap menerima air.

Said Abdullah

Rasulullah Makan dengan Tangan Kanan
Makan dengan tangan kanan seringkali diidentikkan dengan adab serta budaya kesopanan. Namun ternyata, ketika makan menggunakan tangan kanan maka yang aktif adalah otak kiri dimana sifat otak kiri ini selalu teratur, dan berpikir.

Sedangkan ketika makan menggunakan tangan kiri, maka yang aktif adalah otak kanan yang memiliki sifat imajinasi dan acak. Jadi, makan dengan tangan kiri dianggap kurang cocok menurut sebuah penelitian.

Rasulullah Cepat Tidur dan Cepat Bangun
Jika sudah waktunya tidur, maka Rasulullah akan cepat tidur. Tidur yang tepat di malam hari kira-kira adalah seusai istirahat setelah salat Isya, kurang lebih pukul 21.30. Kemudian kira-kira pukul 03.00 sudah bangun di pertiga malam untuk salat malam.

Dengan demikian, waktu yang digunakan untuk tidur adalah kurang dari delapan jam. Dalam konteks ini, penggunaan waktu 24 jam dalam satu hari satu malam, adalah sepertiga untuk bekerja, sepertiga untuk beribadah kepada Allah, dan sepertiga lagi adalah untuk tidur yang cukup. Tentu saja, perbandingan ini tidaklah kaku, melainkan pengertian dalam keseimbangan.

Rasulullah Sering Berpuasa
Menurut sebuah penelitian, berpuasa merupakan sebuah metode ampuh untuk menahan diri. Tidak hanya itu, puasa juga telah terbukti mampu detoksifikasi racun-racun dalam tubuh, menjaga kesehatan jantung dan ginjal, menstabilkan kadar kolesterol, lemak dan juga gula, serta masih banyak lagi manfaat untuk kesehatan. (hijabnesia.com/ lampuislam.org)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional