PortalMadura.com

Yuk, Lakukan Hal Ini Jika Anda Sering Menatap Layar Komputer

  • Selasa, 27 Juni 2017 | 21:00
Yuk, Lakukan Hal Ini Jika Anda Sering Menatap Layar Komputer
ilustrasi
Loading...

PortalMadura.Com – Menatap layar komputer terlalu lama memang bisa menyebabkan mata menjadi tegang. Hal ini merupakan masalah yang sering dihadapi oleh orang-orang yang bekerja dengan komputer.

Computer Vision Syndrome ini memiliki gejala seperti pandangan kabur, sakit kepala, mata kering, mata berair dan mata lelah. Untuk sebagian orang, gejala itu hanya bersifat sementara. Begitu Anda berhenti menggunakan komputer, ia akan hilang dengan sendirinya.

Akan tetapi, gejala itu bisa muncul jika Anda melihat komputer selama 2 jam. Sementara kini banyak orang yang berada di hadapan komputer dalam waktu lebih lama dari itu.

Menatap komputer dapat membuat mata lelah lebih cepat dari membaca di kertas karena ia membuat Anda lebih jarang berkedip. Menurut University of Iowa, menatap komputer menurunkan frekuensi berkedip seseorang sampai sepertiga.

Selain itu, America Optometric Association menyebutkan, karakter yang tampil pada layar tidak ditampilkan sejelas pada kertas.

Said Abdullah

Hal-hal inilah yang membuat mata harus bekerja keras, membuatnya lelah. Melihat layar dengan sudut yang tidak ideal juga meningkatkan rasa tidak nyaman. Idealnya, Anda harus melihat monitor ke bawah sekitar 15-25 derajat, dan ia harus diletakkan sekitar 50-70 cm dari mata Anda.

Maka dari itu, mengistirahatkan mata juga akan membantu mata Anda. Setelah menatap komputer selama 20 menit, sebaiknya Anda menatap sesuatu berjarak 20 kaki (6 m) selama 20 detik. Setelah bekerja di depan komputer selama 2 jam, istirahatkan mata Anda selama 15 menit.

Bahkan, Anda disarankan untuk menggunakan kacamata khusus komputer agar dapat membantu mengurangi kecerahan layar dan meningkatkan kontras. Dengan begitu, mata tidak harus bekerja terlalu keras.

Umur juga berpengaruh pada kondisi mata, karena mata seseorang menjadi semakin kurang fleksibel dengan bertambahnya umur.

Tidak heran, terkadang para pengguna lensa kontak juga mengalami mata kering dan pandangan buram, karena ketika menggunakan lensa kontak, seseorang lebih jarang berkedip. Sesekali, Anda bisa mengganti lensa kontak dengan kacamata. Menggunakan obat tetes mata juga dianjurkan agar mata tidak kering. (metrotvnews.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional