10 Barang yang Wajib Ada di Mobil Ketika Musim Hujan

Avatar of PortalMadura.Com
10 Barang yang Wajib Ada di Mobil Ketika Musim Hujan
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat musim hujan para pengendara harus lebih hati-hati, karena biasanya kondisi jalan yang licin atau tekstur jalan yang gampang longsor. Selain itu, kondisi juga harus sering di cek agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Para pemilik mobil juga perlu menyiapkan berbagai perlengkapan yang bertujuan untuk pencegahan atau mempermudah Anda saat terjadi cuaca buruk yang tidak diketahui kapan datangnya. Nah mau tahu apa saja perlengkapan tambahan yang harus dibawa di dalam mobil saat musim hujan?.

Ini dia daftarnya:

Payung
Payung merupakan salah satu perlengkapan yang sebaiknya selalu ada di dalam mobil. Jika Anda harus kehujanan untuk menempuh jalan mencapai mobil, setidaknya Anda dapat menyodorkan payung pada penumpang lain yang hendak menumpang di mobil Anda.

Dengan demikian Anda dapat meminimalisir masuknya air hujan yang menyebabkan bau kurang sedap pada jok dan karpet.

Tali
Anda tidak pernah tahu kapan ban mobil Anda terjebak lumpur ataupun mogok akibat menerjang banjir. Keberadaan tali di mobil memperbesar kesempatan bagi mobil Anda untuk mendapatkan pertolongan.

Senter
Dalam beberapa situasi teknis, terutama saat kondisi pencahayaan sangat minim, lampu senter menjadi perlengkapan yang dapat membuat perasaan Anda lega memilikinya.

Mengganti sikring merupakan salah satunya. Hal tersebut bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan, namun umumnya tersembunyi pada bagian yang minim cahaya.

Charger Ponsel
Charger ponsel yang bisa digunakan di mobil bukanlah temuan baru. Jika memungkinkan, lengkapi mobil Anda dengan perangkat tersebut. Sehingga saat darurat dan baterai ponsel Anda berangsur habis, Anda tetap dapat memanggil pertolongan. Atau sekedar memastikan Anda tetap terhibur saat menghadapi kondisi jalan padat tersendat akibat hujan dan banjir.

Kotak P3K
Dalam kondisi cuaca apapun dan kapanpun kotak P3K merupakan perlengkapan yang wajib ada di dalam mobil. Sesuai dengan fungsinya, sarana tersebut bukan hanya bermanfaat bagi Anda, namun juga saat hendak memberikan pertolongan pertama pada pengemudi lain yang mengalami kecelakaan.

Makanan dan Minuman
Saat musim hujan, situasi jalan semakin tidak dapat diprediksi. Hari ini mungkin situasi jalan cukup lancar sehingga Anda dapat tiba di tujuan dengan cepat atau seperti biasa.

Namun hari lain Anda dapat saja terjebak kemacetan selama berjam-jam karena jalan yang Anda lalui terendam banjir. Dengan adanya persediaan makanan dan minuman di mobil, setidaknya semangat dan kesabaran Anda tetap terjaga hingga tujuan.

Koran
Selain sebagai bahan bacaan, koran bisa saja digunakan karena fungsinya yang bermacam-macam, mulai dari alas kaki sehingga karpet mobil tetap kering dan bersih, atau mengusir serangga.

Sandal
Selain itu, seperti dilansir situs Goodyear Indonesia, beberapa perlengkapan lainnya yang harus dibawa saat musim hujan adalah sendal. Sebab, akan terasa kurang nyaman ketika turun tetap memakai sepatu atau bahkan bertelanjang kaki.

Jika memaksakan keluar dari kendaraan di tengah hujan menggunakan sepatu, sepatu akan basah dan membuat tidak nyaman selama mengemudi. Selain itu, jika memaksakan keluar dari kendaraan di tengah hujan dengan bertelanjang kaki, akan berisiko kaki terkena benda tajam selama melintasi genangan air.

Lap Sintetis (jenis Plas Chamois)
Benda ini mampu menyerap air dengan cepat. Sehingga pada saat hujan lebat yang membuat kaca depan berembun dan mengganggu pandangan, lap sintetis bisa menjadi solusinya.

Dengan mengelap menggunakan kanebo maka kaca depan pun akan bersih kembali. Namun ketika hujan reda, gunakan kanebo untuk membersihkan sisa air pada kaca depan dari luar, kaca spion, serta kaca belakang kendaraan. Hal ini berguna agar pandangan bersih kembali dan mencegah bercak dari sisa air.

Pakaian Ganti
Jangan lupa juga selalu menyediakan pakaian ganti untuk mengantisipasi pakaian yang Anda pakai terkena air hujan. Dengan membawa pakaian ganti maka penampilanmu akan selalu terlihat bersih, rapi, serta tidak terlihat seperti habis terkena air hujan ketika akan menemui seseorang yang penting. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.