oleh

10 Profesi yang Cenderung Dipilih Psikopat, Termasuk Pekerjaan Anda?

PortalMadura.Com – Psikopati merupakan gangguan kepribadian yang ditandai oleh perilaku berbohong, mengeksploitasi orang lain, kecerobohan, kesombongan, kekacauan secara seksual, rendahnya control diri, dan kurangnya empati terhadap orang lain.

Orang yang mempunyai perilaku seperti ini terlihat seperti orang normal dan gejalanya tidak mudah dikenali. Bahkan tidak mungkin orang-orang pengidap psikopati tidak ada disekitar Anda. Berdasarkan penelitian, ini 10 profesi di mana para psikopat paling banyak bekerja. Pekerjaan apa saja?

Berikut daftarnya:

PNS
Dalam buku ‘The Wisdom of Psychopaths: What Saints, Spies, and Serial Killers Can Teach Us About Success’, penulis dan psikolog Kevin Dutton mengungkap 10 profesi yang paling banyak menarik orang psikopat. Mereka tidak selalu berbahaya. Para psikopat fungsional justru sering menggunakan karisma mereka untuk sukses di lingkungan biasa.

Salah satu pekerjaan yang populer dipilih psikopat atau sociopat yaitu pegawai negeri. Berdasarkan penelitian UK Government, psikopat dikatakan justru sengaja dipilih perusahaan karena mereka bagus dalam menata, baik dalam menangani krisis, hingga cenderung sangat pintar dan logis.

Chef
Tidak seperti gambaran di film atau serial drama, kebanyakan psikopat tidak berniat untuk melukai orang. Jadi mereka tidak memilih profesi chef untuk bisa memotong-motong daging tanpa rasa bersalah. Psikopat dikatakan cocok jadi chef karena tahan banting dalam dapur restoran yang dikenal keras.

Rohaniwan
Veteran FBI Joe Navvaro menjelaskan mengapa psikopat memilih menjadi rohaniwan atau orang yang tergabung dalam majelis keagamaan. Dikatakan jika organisasi keagamaan kadang bertindak manipulatif. Pintar memanipulasi orang diketahui menjadi salah satu kelebihan dari para psikopat.

Polisi
Salah satu kelebihan orang yang mengidap psikopati yaitu pintar dalam menghadapi stres. Pekerjaan sebagai polisi sendiri diketahui intens, berbahaya dan butuh ketenangan dalam menghadapi krisis. Karenanya, profesi dalam ranah hukum seperti ini cukup populer di kalangan orang-orang tersebut.

Jurnalis
Menurut Kevin Dutton, beberapa tanda psikopat antara lain punya kepribadian menarik, fokus, penuh kesadaran, dan pintar beraksi. Semua itu bisa bermanfaat untuk orang yang bekerja sebagai jurnalis. Para juru warta diketahui harus pandai memancing informasi dari narasumber, fokus dalam melaporkan berita, hingga cepat dalam mengejar deadline.

Dokter Bedah Plastik
Menurut studi yang dipublikasi The Bulletin of the Royal College of Surgeons of England, kebanyakan dokter bedak plastik punya kemungkinan tinggi menjadi psikopat. Penulis studi pun memberi alasan bahwa dokter memang harus tahan stres dan bisa membuat keputusan sulit dengan cepat yang menjadi beberapa tanda dari psikopati.

Sales
Tanda lain dari seorang psikopat yaitu narsisme. Mereka yang bekerja di bidang sales pun harus pintar mempromosikan diri dan perusahaan untuk mengusahakan kenaikan penjualan. Bagi orang-orang psikopat, pekerjaan ini merupakan impian mereka.

Orang Media
Selain jurnalis, orang yang bekerja di media seperti televisi, radio, atau internet bisa juga merupakan psikopat. Profesi ini butuh tingkat kepercayaan diri dan narsisme tinggi yang menjadi beberapa tanda psikopati. Selain mau tampil, para psikopat umumnya juga tenang dalam menghadapi tekanan sehingga mereka tidak gugup depan kamera.

Pengacara
Dalam buku Confessions of a Sociopath: A Life Spent Hiding In Plain Sight, penulis M. E. Thomas mengatakan jika menjadi sosiopat membantunya menjadi pengacara yang lebih baik. Begitu juga dengan pengacara Ruth Lee Johnson yang mengaku karakteristik psikopati seperti percaya diri, berhati dingin, hingga manipulatif sangat bermanfaat untuk profesinya.

CEO
Seorang CEO harus pintar dan tenang menangani krisis. Tidak jarang para bos juga sering membuat ketidaknyamanan pada bawahan yang juga menjadi salah satu tanda psikopat. Dikatakan jika sejumlah psikopat menggunakan metode-motode itu untuk menaiki puncak karier. Tidak selalu dengan cara yang manipulatif, banyak psikopat yang menjadi bos memang karena kemampuannya sendiri. (detik.com/Desy)

Loading...