oleh

2 Cara Hapus URL di Google Chrome

PortalMadura.Com – Hampir setiap hari seseorang melakukan browsing atau menjelajah informasi di dunia maya. Tidak hanya para kaula muda saja, yang tua pun juga menggunakan gadget untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Nah, salah satu search engine (mesin pencari) yang paling sering digunakan yaitu Google Chrome. Caranya sangat mudah, hanya dengan masuk ke aplikasi tersebut, Anda sudah bisa memperoleh informasi, gambar, video atau hiburan lain yang Anda mau.

Perlu Anda ketahui, Google Chrome memiliki fitur yang memungkinkan pengguna mendapat saran URL ketika mengetik suatu alamat website tertentu.

Seiring dengan banyaknya informasi yang dicari di aplikasi tersebut tentunya akan banyak pula riwayat pencarian URL nya. Bagi sebagian pengguna, ini menjadi masalah tersendiri karena menyangkut privasi orang tersebut selama bermedia sosial.

Walaupun fitur ini bertujuan untuk memudahkan pengguna dalam melakukan pencarian, namun jika riwayat pencarian nya diketahui oleh orang lain yang tidak bertanggung jawab, tentu membuat penggunanya merasa tidak nyaman.

Tapi Anda jangan khawatir dulu, ada beberapa cara menghapus URL yang disarankan di Google Chrome. Bagaimana caranya?. Dilansir Suara.com yang dikutip dari TechRadar, berikut dua caranya:

Menghapus Secara Manual

Cara paling sederhana untuk menghapus URL yang disarankan adalah dengan cara manual. Pengguna cukup mengetik URL tersebut lalu gunakan kursor untuk menyorot URL tersebut, kemudian tekan Shift dan Delete.

Loading...

Namun, jika ada beberapa saran dari situs web yang sama, pengguna tidak perlu menghapusnya satu per satu. Cara tercepat untuk menghapus semua saran URL secara permanen adalah dengan menghapus riwayat penjelajahan.

Baca Juga : Pelatih Ungkap Kunci Kemenangan Martapura FC di Madura

Menghapus semua riwayat yang pernah dicari memungkinkan untuk lebih cepat dan tidak perlu menunggu lama sebagaimana menghapus secara satu per satu pencariannya.

Caranya yaitu, buka menu Pengaturan > pilih “Alat Lainnya” > pilih “Hapus data penelusuran” atau gunakan pintasan keyboard Ctrl + Shift + Delete untuk membuka halaman yang sama.

Selanjutnya, Anda hanya perlu mencentang kotak berlabel “Riwayat Penjelajahan”. Dari sana pengguna dapat memilih berapa banyak riwayat yang harus dihapus, mulai dari 24 jam terakhir hingga semuanya, lalu tekan tombol “Hapus data”.

Selain itu, pengguna juga perlu memastikan situs yang dimaksud tidak disimpan di bookmark. Karena jika tersimpan di situ, maka klik kanan di menu bookmark dan pilih “Hapus”.

Menghapus dengan Browser Extension

Selain cara di atas, jika Anda ingin menghapus saran URL secara teratur, Anda juga bisa menggunakan extension atau ekstensi. Cara ini menjadi pilihan yang tepat bagi yang merasa kurang nyaman dengan privasi riwayat pencarian.

Caranya tidak sulit, setelah Anda menginstal ekstensi, klik tombol di bilah alat browser lalu arahkan mouse ke menu “Bersihkan Data Pribadi” dan klik ikon Pengaturan.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : suara.com

Komentar