oleh

2019 DD Naik, Setiap Desa di Sumenep Kelola Lebih Rp1 Miliar

Bayar pajak itu wajib

PortalMadura.Com, Sumenep – Anggaran Dana Desa (DD) tahun 2019 di Kabupaten Sumenep, Madura, Jatim mengalami kenaikan hingga Rp60 miliar.

Total tercatat Rp338 miliar dengan peruntukan 330 desa yang tersebar di 27 kecamatan daratan dan kepulauan. Tahun 2018, Dana Desa sebesar Rp278 miliar.

“Kucuran dana desa dari pusat setiap tahunnya cukup besar. Tahun ini kenaikan cukup signifikan, yakni Rp60 miliar dari tahun lalu,” terang Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMPD) Sumenep, Ahmad Masuni, Selasa (22/1/2019).

Sedangkan Alokasi Dana Desa (ADD), jelas Masuni, tidak ada perubahan atau sama dengan anggaran tahun 2018 sebesar Rp123 miliar.

Baca Juga : Alasan Beto dan Jaimerson Pilih Madura United Ternyata Karena Ingin Juara

Loading...

Dengan plafon anggaran DD yang cukup besar ditambah ADD, maka pagu keuangan desa yang harus dikelola setiap desa pertahun diatas Rp 1 miliar.

Dari dana itu, ada program prioritas yang ditekankan berupa pembangunan embung, pengembangan produk unggulan, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), dan pembangunan sarana olahraga.

“Kami ingatkan agar pemerintah desa tidak hanya fokus pada infrastruktur, namun peningkatan kwalitas SDM juga diperhatikan,” paparnya.

Pengelolaan keuangan negara tersebut, pemerintaha desa harus bertindak profesional.

“Peruntukannya adalah pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sesuai perundang-undangan,” tandasnya. (Arifin/Putri)





Berita PortalMadura
Loading...

Komentar