oleh

3 Cara Lindungi Smartphone dari Bakteri

PortalMadura.Com – Mayoritas orang di zaman teknologi ini, tidak bisa lepas dari yang namanya smartphone. Karena itu, perangkat elektronik yang satu ini perlu dirawat dengan baik dan dijaga kebersihannya.

Kendatipun begitu, sifat smartphone yang tidak terlalu bersahabat dengan air membuatnya harus dibersihkan dengan sangat hati-hati agar tidak merusak fungsinya. Terlebih, smartphone juga merupakan salah satu perangkat yang rentan terkena bakteri.

Maka dari itu, berikut ini tiga cara aman membersihkan smartphone untuk melindunginya dari bakteri:

Bersihkan Layar
Layar adalah salah satu bagian paling penting dalam smartphone. Layar sentuh biasanya paling mudah kotor karena paling sering disentuh oleh jari-jari tangan. Penting bagi pengguna untuk membersihkannya secara efektif. Salah satu cara yang disarankan adalah menggunakan kain microfiber. Kemudian, Anda juga membutuhkan air biasa lantaran lebih aman dan efektif dibandingkan cairan yang mengandung bahan kimia.

Caranya dengan mengelap layar satu arah dengan kain microfiber dan sedikit air. Jika telah selesai, jangan lupa menggunakan bagian kering dari kain untuk menghilangkan sisa air dari layar. Jangan lupa pula untuk mematikan smartphone jika Anda membersihkannya dengan air.

Baca Juga: Ini 5 Bagian Smartphone yang Jadi ‘Rumah’ Kuman dan Cara Bersihkannya

Membersihkan Bodi Smartphone
Membersihkan bodi smartphone perlu dilakukan dengan hati-hati. Salah satunya dengan cotton bud yang sedikit dicelupkan ke larutan alkohol encer. Tujuannya untuk membersihkan bodi ponsel dari debu dan kotoran kering yang melekat. Tidak disarankan untuk menggunakan pembersih rumah tangga atau disinfektan untuk membersihkan bodi smartphone sebab bisa menodai dan merusak smartphone Anda.

Loading...

Untuk membersihkan lubang speaker dan port headphone bisa menggunakan tusuk gigi atau paperclip. Anda harus melakukannya dengan sangat hati-hati agar tidak merusak bagian tersebut. Untuk membersihkan bagian casing, Anda bisa menggunakan campuran air dan cuka putih untuk membersihkannya secara menyeluruh.

Jika Anda tidak yakin, pembersihan casing dari bahan logam juga bisa dilakukan dengan mengelap menggunakan air biasa agar perangkat tetap aman. Jika casing ponsel terbuat dari bahan kulit, Anda bisa membersihkannya dengan pembersih kulit.

Perhatikan Suhu
Selain proses pembersihan, ada beberapa cara perawatan sehari-hari yang akan membuat smartphone atau tablet tetap sehat. Mirip dengan memelihara mobil agar kondisinya tetap layak jalan.

Pertama, Anda perlu memerhatikan suhu minimum dan maksimum untuk ponsel. Pastikan Anda tidak membawa smartphone ke tempat dengan suhu ekstrim. Misalnya, tidak sengaja memasukkan ponsel ke lemari es, menaruh ponsel di dekat kompor, dan lain-lain karena bisa memicu kerusakan permanen pada handset.

Demikian juga dengan case dan pelindung layar. Meski tujuannya jelas agar membuat ponsel tidak tergores, pastikan case dan pelindung layar yang dibeli sesuai dengan jenis ponsel. Saat pengisian daya ponsel, alangkah lebih baik kalau Anda membuka case ponsel untuk mencegah suhu terlalu tinggi.

Terakhir, Anda harus berhati-hati saat memegang ponsel, jangan sampai terjatuh terbentur benda keras maupun masuk ke dalam air mengingat tidak semua ponsel memiliki dukungan ketahananan terhadap air. Jangan lupa pula mencuci tangan setelah menyiapkan makanan atau menanam tanaman di taman rumah. Kotoran sekecil apapun rupanya berpotensi membuat perangkat mengalami kerusakan.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com

Komentar