oleh

3 Cara Sederhana Cek Kondisi Sabuk Pengaman

PortalMadura.Com – Sabuk pengaman merupakan salah satu fitur keselamatan yang juga berperan penting dalam mobil. Fitur ini tidak hanya dijadikan pajangan atau aksesoris saja, tapi harus digunakan, baik oleh pengemudi ataupun penumpang.

Selain menjaga keamanan dalam berkendara, keberadaan sabuk pengaman juga bisa menjaga tubuh saat terjadi hal berbahaya, seperti rem mendadak atau bahkan kecelakaan.

Oleh sebab itu, pemilik kendaraan wajib memerhatikan kondisi dan perawatan piranti ini, apalagi disepelekan. Lantas, bagaimana cara merawatnya?.

Berikut 3 cara mudah mengecek kondisi sabuk pengaman yang cukup mudah seperti dilansir Liputan6.com dari laman resmi Suzuki Indonesia:

Cek Kondisi Fisik Sabuk Pengaman

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan untuk mengecek sabuk pengaman adalah dengan melihat, apakah sudah ada atau muncul tanda-tanda kerusakan fisik, baik itu kepala sabuk yang sudah tidak berfungsi dengan baik atau kain sabuk yang sudah terpotong atau terlilit.

Hal ini harus diperhatikan dan dicek secara detail, untuk memastikan tidak ada masalah pada seat belt atau sabuk pengaman tersebut.

Lakukan Tes Sederhana

Selanjutnya, lakukan tes sederhana dengan cara menarik sabuk pengaman dengan cepat. Apabila sabuk tersebut terasa tertahan, itu artinya sabuk pengaman tersebut masih dalam kondisi yang baik. Namun jika tidak tertahan atau lepas, artinya sabuk pengaman sudah rusak dan harus segera diperbaiki atau diganti.

Loading...

Sebagai informasi tambahan yang mungkin belum Anda ketahui yaitu, kalau saat Anda mengecek sabuk pengaman tersebut terasa tertahan dan tidak mau kembali ke posisi normal (semula), kemungkinan artinya mobil tersebut pernah mengalami kecelakaan.

Baca Juga : 3 Alasan Gunakan Sabuk Pengaman Ketika Berkendara

Hal Ini sering terjadi terutama pada mobil dengan fitur seat belt pretensioner, di mana fungsi penahan sabuk pengaman tersebut dipakai untuk menahan tubuh ketika terjadi benturan. Agar keamanan lebih maksimal, ada baiknya jika Anda segera mengganti sabuk pengaman tersebut.

Cek Memakai Scanner OBD

Sebagai langkah terakhir, pemeriksaan sabuk pengaman juga bisa dilakukan dengan memakai scanner OBD. Sensor pada mobil akan memberitahukan, bahwa sabuk pengaman tersebut masih dalam kondisi baik atau sudah rusak.

Berhubung perannya juga penting, maka pastikan sensor scanner OBD masih berfungsi dengan baik agar informasi kondisi sabuk pengaman tepat.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar