oleh

3 Dampak Main HP Sambil Tiduran Bagi Anak

PortalMadura.Com – Saat ini sudah banyak orang yang memiliki HP. Hampir semua kalangan memiliki Smartphone. Mulai dari usia anak-anak, dewasa, hingga orang tua. Namun yang menjadi perhatian khusus adalah penggunaan HP pada anak-anak.

Saat ini anak-anak lebih menyukai bermain HP daripada bermain permainan tradisional jaman dulu. Sehingga anak ketergantungan pada HP. Bahkan banyak orang tua yang kurang memantau anak dalam hal ini. Sehingga anak bermain ponsel sambil berbaring.

Bermain ponsel sambil berbaring memiliki dampak negatif yang harus para orang tua ketahui. Dilansir dari laman Popmama.Com inilah dampak bermain HP sambil tiduran bagi anak.

Menyebabkan Insomnia

Insomnia adalah gangguan tidur yang menyebabkan penderitanya sulit tidur, atau tidak cukup tidur, meskipun terdapat cukup waktu untuk melakukannya. Hal ini bisa terjadi pada seorang anak. Pada umumnya anak-anak akan bermain ponselnya saat malam hari karena pada pagi hingga siang hari mereka bersekolah.

Bermain ponsel pada malam hari inilah yang menyebabkan anak akan sulit untuk tidur. Karena mereka akan sibuk untuk memainkan ponselnya. Jika anak kurang tidur maka konsentrasikan akan menurun bahkan kualitas tidurnya menjadi tidak sehat.

Berisiko Terkena Kmata dan Tumor Otak

International Agency for Research on Cancer yang berada di bawah naungan WHO, serta dipublikasikan oleh Journal of Clinical Oncology pada tahun 2009 menemukan bahwa anak yang bermain ponsel sambil tiduran dengan intensitas minim dapat menyebabkan kanker pada mata. Hal ini karena mata terpapar sinar radiasi dari ponsel. Bahkan bukan hanya kanker namun juga berisiko mengalami tumor.

Menyebabkan Kebutaan Sementara Hingga Permanen

Penelitian oleh New England Journal of Medicine, seringnya seseorang menggunakan ponsel sambil tiduran dapat meningkatkan risiko Transient Smartphone Blindness. Jika anak mengalami hal ini maka yang akan dirasakan adalah anak tidak dapat melihat dalam beberapa waktu. Apabila orang tua membiarkan anak terus-menerus bermain ponsel bukan hanya tidak bisa melihat sementara melainkan juga bisa permanen.

Inilah tiga dampak buruk jika anak terus-menerus dibiarkan bermain ponsel sambil berbaring. Oleh karena itu orang tua harus selalu mengawasi dan membatasi anak menggunakan ponsel. Dengan cara ajarkan anak dan alihkan anak dengan kegiatan yang positif agar tidak tergantung pada ponsel.

Komentar