3 Hal yang Bikin Streaming Video Buffering

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal yang Bikin Streaming Video Buffering
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Hampir setiap orang membutuhkan jaringan internet baik untuk berkomunikasi, pekerjaan, ataupun menonton video streaming. Saat ini akses internet sudah tidak bisa lepas dari aktivitas sehari-hari, sehingga diperlukan sinyal yang baik atau kuat untuk menunjang semua itu.

Salah satu aktivitas yang butuh sinyal kuat internet yaitu menonton video streaming. Jadi akan sangat menyebalkan ketika mendapati video yang buffering atau lemot. Meski kuota internet masih cukup atau sinyal wifi juga dalam kondisi full. Jika ini yang terjadi maka Anda perlu melakukan beberapa hal ini. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Rabu (23/10/2019) dari laman inet.detik.com yang mengutip Mashable.

Berikut ini penjelasannya:

Pengguna WiFi yang Ramai

Saat menghubungkan elektronik rumah tangga seperti TV kabel, laptop, PC, ataupun banyak smartphone ke suatu jaringan internet, jangan sampai terlalu banyak, sehingga beberapa peralatan tersebut saling berebut koneksi. Terkadang, Anda sering lupa bahwa semakin banyak perangkat yang terhubung ke jaringan, maka akan semakin lambat koneksi internetnya.

Karena itu, sebelum Anda melakukan streaming, masuklah ke koneksi jaringan, nonaktifkan berbagi internet dan putuskan sambungan perangkat yang tidak digunakan. Selain itu, pastikan Anda mengeluarkan semua aplikasi web yang turut berkompetisi memperebutkan koneksi dengan yang Anda putar.

Baca Juga: Manajemen Sampaikan Maaf, Madura FC Menuju Liga 3, Ini Penyebabnya 

Bersihkan Cache

Tidak banyak orang yang tahu kalau cache yang menumpuk bisa menghambat kinerja suatu ponsel. Cache awalnya mungkin bisa membantu Anda lebih cepat mengakses browser yang pernah Anda kunjungi sebelumnya, tapi jika tidak pernah dibersihkan dalam jangka waktu lama, ukuran cache akan membesar, sehingga bisa menghambat performa ponsel saat digunakan streaming.

Sebagai informasi, cache merupakan data bersifat sementara yang mencatat semua aktivitas Anda saat menggunakan sebuah aplikasi. Jadi, ketika Anda akan melakukan streaming, sebaiknya masuklah ke pengaturan browser dan hapus histori terkini. Tidak ada salahnya untuk mengosongkan cache agar kinerja ponsel lebih baik dan internet menjadi lancar.

Ganti Channel

Jika Anda memiliki tetangga, router dan access point mereka bisa saja mengganggu milik Anda dan membuat sinyal wifi menjadi lambat. Router wifi bisa bekerja di berbagai channel, dan Anda bisa menggunakan channel yang lebih sepi dan jarang digunakan.

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.