3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pilih Gorden Untuk Percantik Rumah

Avatar of PortalMadura.com
3 Hal yang Perlu Diperhatikan saat Pilih Gorden Untuk Percantik Rumah
ilustrasi

PortalMadura.Com – Mempercantik kondisi rumah tidak hanya dari tatanannya saja. Namun untuk semakin menyempurnakan tampilan, salah satu pelengkap rumah yang tidak boleh tertinggal adalah .

Ada beberapa gorden yang bisa memberikan pengaruh besar pada dekorasi rumah Anda. Untuk itu, Anda perlu melakukan konsep matang pada gorden yang nanti akan dipasang di rumah agar Anda tidak salah pilih.

Berikut ini tiga hal yang perlu diperhatikan saat memilih gorden di rumah:

Bedakan Gorden Tiap Ruangan
Setiap ruangan di rumah memiliki fungsi masing-masing. Untuk bisa mendukung fungsi tersebut, Anda sebaiknya membedakan model, motif, dan warna gorden.

Ada banyak pilihan gorden berbagai corak yang dapat memberi karakter berbeda-beda di rumah Anda. Karena harus menjadi “perpanjangan” dari ruangan, gorden harus dipilih sesuai tema ruangan Anda agar bisa menghadirkan atmosfer yang diinginkan.

Misalnya, Anda membuat ruang keluarga dengan tema semi terbuka, maka sebaiknya pilih gorden dengan material yang lebih tipis agar sistem sirkulasi udara dan cahaya masih bisa berjalan dengan baik. Gorden yang berbeda bisa Anda pasang di ruang tamu yang sengaja dikonsep sebagai ruang lebih tertutup.

Secara ekonomis, hal ini mungkin saja lebih memberatkan. Anda harus rela menyiapkan beberapa jenis dan model gorden untuk ruangan yang berbeda. Namun, semuanya akan terbayar saat Anda mulai merasakan atmosfer berbeda yang dibawa oleh gorden tersebut.

Warna dan Kontras
Tidak hanya dengan menerapkan konsep desain jendela minimalis Anda dapat memiliki rumah yang cantik, gorden pun tidak boleh tampil membosankan dan tidak sedap dipandang mata. Untuk menghindari kesan gorden yang monoton dan membosankan, Anda bisa bermain dengan warna dan kontras.

Walaupun Anda menginginkan jendela minimalis, pastikan Anda tidak memberikan warna monoton. Saat disebutkan kata “warna” bukan berarti Anda harus menyiapkan gorden dalam warna yang seragam dengan seluruh isi ruangan. Justru, Anda bisa memanfaatkan warna gorden yang berbeda alias kontras, sehingga jendela minimalis Anda tampak lebih mencolok dan menjadi pusat perhatian.

Misalnya, dinding berwarna putih bisa Anda padukan dengan gorden beragam warna. Inilah salah satu kelebihan memilih warna dinding netral. Memasang gorden dengan warna mencolok seperti hijau atau merah bisa Anda lakukan untuk dinding berwarna putih. Dengan melakukan sedikit permainan warna kombinasi dengan warna dasar akan membuat ruangan Anda tampak menarik.

Nah agar lebih menarik, Anda bisa memasang sofa atau kabinet dengan warna serupa gorden. Sehingga, gorden tidak hanya tampak kontras dan menjadi pusat perhatian, tapi ia juga memiliki warna yang lebih selaras dan semakin terlihat cantik.

Tetapkan Fungsi Utama Gorden
Selain ruangan yang memiliki fungsi utama, gorden juga harus memiliki fungsi khusus. Misalnya, ia berfungsi untuk menjaga privasi Anda di ruangan tersebut, atau hanya sebagai dekorasi dan menyamarkan pandangan orang saja.

Gorden dengan fungsi privasi, bisa diletakkan di kamar tidur karena Anda akan melakukan aktivitas yang cukup privat di sana, misalnya berganti pakaian. Sedangkan untuk ruangan lain yang Anda tidak membutuhkan penjagaan privasi lebih, bisa gunakan gorden lain.

Fungsi ini berpengaruh pada material dan model gorden. Untuk ruangan lain yang tidak butuh privasi lebih, Anda bisa menggunakan gorden dengan bahan yang lebih tipis atau Anda dapat membuat tirai tanpa lapisan sendiri agar sirkulasi cahaya dan udara berfungsi dengan baik.

Sedangkan untuk Anda yang butuh privasi, Anda bisa menggunakan gorden yang terbuat dari material lebih tebal dan berat. Hal ini akan menghindarkan Anda dari gorden yang terbuka karena hembusan angin. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.