oleh

3 Penyebab Power Window Pada Mobil Tak Berfungsi

PortalMadura.Com – Perkembangan dunia otomotif yang kian pesat, membuat beberapa pabrikan saat ini semakin memberikan kenyamanan pada para penggunanya. Salah satunya dengan memudahkan pengguna untuk membuka dan menutup kaca jendela mobil dengan memanfaatkan power window.

Sayangnya, komponen ini tidak jarang mengalami kerusakan, seperti kaca tidak bisa turun atau naik. Selain itu, masalah yang sering terjadi juga kaca seret atau tidak lancar saat kondisi naik ataupun turun, melansir dari Liputan6.com, Selasa (17/9/2019).

Untuk itu, berikut ini tiga penyebab power window mengalami masalah yang perlu pengguna ketahui, seperti dikutip Liputan6.com dari laman resmi Suzuki Indonesia:

Masalah pada Sekring

Bagian pertama yang perlu dicek saat power window mengalami masalah, yaitu bagian sekring. Sebab, fungsi sekring adalah untuk pemutus arus listrik, sehingga bisa meminimalisir terjadinya korsleting. Jika sekring tersebut rusak, hal ini bisa menyebabkan seluruh power window tidak akan berfungsi. Namun, jika ternyata sudah diganti dan tetap bermasalah atau putus lagi kemungkinan terjadi korsleting.

Loading...

Kelistrikan dan Sakelar Power Window

Apabila sekring sudah diganti namun tidak ada tanda-tanda power window bekerja, coba cek sistem kelistrikan di power window. Cek tegangan di sakelar power window, jika tegangannya tidak normal tapi tegangan aki bagus, kemungkinan sakelar power window yang harus diganti.

Kerusakan sakelar mungkin terjadi karena adanya korsleting yang berdampak pada terbakarnya sakelar power window.

Baca Juga: Inilah Aturan Tingkat Kegelapan Kaca Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Motor atau Regulator Power Window

Ketika sudah mengecek sekring dan saklar, serta ternyata keduanya normal, maka masalah selanjutnya yang mungkin terjadi ada pada regulator power window.

Biasanya, komponen ini sudah lemah atau sudah mengalami aus di geriginya. Satu-satunya cara adalah dengan mengganti motor power window. Perlu pengguna ketahui, bahwa regulator power window berfungsi sebagai penggerak kaca. Jika regulator tersebut bermasalah, maka kaca tidak akan bisa turun ataupun naik.


Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com


Berita PortalMadura
Loading...

Komentar