3 Trik Jitu Rawat Arloji “Water Resistant”

Avatar of PortalMadura.com
3 Trik Jitu Rawat Arloji "Water Resistant"
ilustrasi

PortalMadura.Com – Anda memiliki atau water resistant?. Bukan berarti, arloji jenis ini tidak membutuhkan perawatan khusus. Setidaknya setelah digunakan, perlu dipelihara agar jam tangan tetap berfungsi dengan baik dan tahan lama.

Seorang General Manager Seiko Indonesia, Benny Suteja, memberikan beberapa cara yang benar dalam merawat jam tangan tahan air. Apa saja?.

Berikut tiga cara merawat jam tangan water resistant:

Dibilas dengan Air Tawar
Benny mengatakan, setelah digunakan di dalam air, terutama aktivitas menyelam di laut, jam tangan harus segera dibilas dengan air tawar. Fungsinya agar arloji tidak terlalu lama terkena air asin, sehingga usia jam bisa lebih awet.

Keringkan dengan Kain Lembut
Untuk mengeringkan setelah dibilas dengan air tawar, jam harus segera dikeringkan dengan kain halus. Jam dilap dengan lembut, dan hindari penggunaan seperti pengering rambut dengan panas berlebih.

“Kalau mau pakai hair dryer, dari jauh aja dan pastikan (kekuatan) paling kecil,” kata Benny.

Pemeriksaan Berkala
Pemeriksaan berkala disarankan jika digunakan sekitar lima tahun. Tujuannya simpel, untuk memastikan setiap fitur berfungsi dan berjalan normal, sekaligus antisipasi terhadap kondisi yang tidak diinginkan.

Seringkali, masalah tidak terduga seperti seal tahan air yang sedikit melonggar kadang terjadi, sehingga mendatangkan embun di dalam jam.

“Kadang kan suka masuk mesin cuci, atau hal-hal lain (yang menyebabkan seal kendur),” ujar Benny.

Nah untuk mengantisipasinya, maka harus dilakukan pemeriksaan berkala agar seal dikuatkan kembali seperti diberikan pelumas. “Daripada didiamkan terus-menerus yang justru menjadi karat nanti, karena air laut kan,” ungkapnya. (kompas.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.