4 Cara Ikhlas Memaafkan Orang Lain

Avatar of PortalMadura.com
4 Cara Ikhlas Memaafkan Orang Lain
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan baik kecil ataupun besar. Sehingga terkadang karena kesalahan itulah seseorang susah dimaafkan. Apalagi sampai timbul dendam dan merasa sakit hati terus menerus.

Jika hal itu terjadi, maka momen Ramadan kali ini bisa menjadi waktu yang pas untuk berdamai dengan orang yang telah menyakiti Anda. Memang tidak mudah, tapi damai jauh lebih indah daripada perselisihan. Ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk ikhlas memberi maaf pada orang lain. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Sadarilah Bahwa Anda Tidak Dapat Mengatur Hidup Orang Lain
Anda tidak dapat menyalahkan orang lain terus menerus. Berharap orang tersebut dapat berlaku yang sama dengan Anda. Selalu ingat, apa yang Anda anggap baik belum tentu yang terbaik. Tidak perlu memaksakan orang lain untuk meminta maaf terlebih dahulu.

Well, Anda tidak dapat mengatur orang lain untuk selalu berbuat baik dan tidak menyakiti Anda. Namun, Anda dapat mengatur diri Anda untuk tidak mudah tersinggung dengan hal-hal yang dikatakan orang lain.

Baca Juga: Umat Islam, Begini Cara Mudah Hilangkan Dendam

Tidak Perlu Terperangkap dengan Masa Lalu
Belajarlah untuk berdamai dengan masa lalu Anda. Hal yang sudah lalu tidak perlu disesali dan selalu diharapkan sama dengan keinginan Anda. Sadari ada hal-hal yang memang di luar kendali Anda.

Tidak Perlu Terobsesi
Rasa enggan memaafkan bisa jadi karena Anda enggan lepas dari sakit hati. Anda terlalu menikmati cara untuk membalas sakit hati. Obsesi dan menikmati rasa sakit hati inilah yang membuat Anda susah memaafkan. Maka langkah pertama yang harus dilakukan yaitu cobalah untuk melepaskan obsesi Anda dan mencoba memilih untuk bahagia.

Posisikan Anda Sebagai Orang Lain
Belajarlah untuk bersikap lebih manusiawi. Daripada menyakiti diri dengan melihat sisi negatifnya, cobalah untuk melihat sisi positif dari orang yang telah menyakiti Anda. Belajar untuk memanusiakan manusia itu sangat penting.

Memaafkan memang tidak mudah. Ia butuh proses dan tidak instan. Terkadang rasa sakit yang mendalam membuat Anda merasa mustahil untuk melupakan. Siapkan diri untuk move on. Tidak selamanya Anda ingin larut dalam sakit hati kan?

 

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.