oleh

4 Cara Mudah Kurangi Rasa Asin pada Ikan Asin

PortalMadura.Com – Ikan asin merupakan ikan yang telah melalui proses penggaraman kemudian dijemur hingga kering. Hal ini dilakukan untuk mengawetkan secara alami agar tidak cepat busuk. Sehingga masih bisa digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan agar ketika dimasak, ikan asin tidak terasa asin. Dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com yang mengutip dari Fimela.com. Apa saja? Berikut ulasannya:

Rendam dengan Air Hangat

Rendam ikan asin di air hangat kira-kira selama 5 sampai 10 menit, kemudian cuci bersih. Tapi, terlu diingat bahwa ikan asin yang direndam air hangat teksturnya akan cenderung lebih empuk, bahkan lembek.

Loading...

Rendam dengan Air Garam

Larutkan 1 sdm garam ke dalam 2 liter air. Gunakan air larutan garam ini untuk merendam ikan asin. Cara ini bisa mengurangi rasa asin pada ikan asin karena garam dari konsentrasi tinggi (ikan asin) mengalir ke konsentrasi rendah (air garam).

Baca Juga: Resep Mudah Sambal Ikan Asin Super Pedas yang Gurih dan Nikmat

Rendam Bersama Tisu Dapur

Rendam ikan asin di mangkok yang bagian dasarnya dilapisi tisu dapur. Biarkan kira-kira 5 sampai 10 menit agar asin pada ikan asin berkurang dengan lebih baik.

Rendam dan Cuci Ikan Asin

Rendam dan cuci ikan asin hingga bersih. Rendam dan mencuci ikan asin dengan air akan membantu mengurangi asin pada ikan asin. Cuci ikan asin di bawah air mengalir.


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com

Komentar