oleh

4 Cara Rawat Alat Masak Bahan Teflon Agar Awet

PortalMadura.Com – Berbicara tentang urusan dapur, hampir semua orang menginginkan masakannya selalu enak dan nyaman dikonsumsi. Semua itu tentu tidak lepas dari teknik pengolahan makanan yang tepat, bumbu-bumbu pilihan dan juga alat masak yang digunakan.

Apalagi alat masaknya berbahan teflon, pasti akan memudahkan seseorang dalam memasak aneka hidangan makanan. Selain itu, dengan bahan anti lengket ini akan membuat masakan tidak mudah gosong.

Meskipun membersihkan teflon terbilang mudah, tentunya alat ini juga butuh perawatan yang ekstra agar lebih awet dan tahan lama. Oleh karena itu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Apa saja?.

Selengkapnya, langsung simak penjelasan berikut ini:

Gunakan Api Kecil atau Api Sedang

Dilansir Fimela.com, yang dikutip dari thekitchensnob.com, wajan atau panci anti lengket sebaiknya digunakan dengan api kecil atau api sedang.

Jadi, hindari mengolah makanan dengan api besar bila menggunakan peralatan berbahan teflon. Karena, api yang terlalu besar bisa menyebabkan kerusakan pada permukaan bahan teflon.

Hindari Menggunakan Alat Berbahan Logam

Cara kedua untuk membuat bahan teflon itu awet yaitu Anda perlu menghindari berbahan logam saat memasak. Misalnya, ketika akan menumis masakan, gunakan sudip berbahan kayu atau berbahan silikon.

Loading...

Kenapa perlu menghindari bahan logam?. Karena berisiko akan menggores permukaan teflon. Apabila permukaan teflon sudah tergores, maka fungsi anti lengketnya bisa semakin pudar.

Gunakan Spons Lembut untuk Membersihkannya

Selain cara memasak, membersihkannya pun juga perlu diperhatikan. Untuk membersihkan atau mencuci alat masak berbahan teflon ini, gunakan spons yang lembut.

Baca Juga : 3 Cara Bersihkan Teflon Agar Tak Tergores

Hindari spons kasar atau alat pencuci yang berisiko membuat permukaan teflon tergores. Sedangkan untuk sabun, gunakan secukupnya saja dan tidak menggosok permukaan berbahan teflon terlalu keras.

Jangan Biarkan Sisa Masakan Menempel Terlalu Lama

Langkah terakhir dalam perawatan teflon adalah dengan tidak membiarkan sisa makanan menempel terlalu lama. Dengan kata lain, dalam proses mencuci dan membersihkannya, pastikan tidak ada sisa masakan atau bahan makanan yang menempel.

Pastikan permukaannya benar-benar bersih dan mulus tanpa ada sisa-sisa makanan. Bila dibiarkan menempel terlalu lama, nantinya akan mengeras dan malah merusak bahan teflonnya.

Demikian beberapa tips penting dan utama agar alat masak berbahan teflon yang Anda punya di rumah bisa lebih awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : fimela.com

Komentar