oleh

4 Cara Sederhana Mengajarkan Anak Menulis

PortalMadura.Com – Setiap orang tua tentu selalu menginginkan anak-anaknya berkembang menjadi seseorang yang pintar. Menulis termasuk salah satu kemampuan motorik halus yang perlu dikuasai oleh anak-anak. Melalui menulis, anak-anak akan belajar sebagai sebuah media dalam menyalurkan emosi maupun ekspresi diri terhadap perasaannya.

Anak yang belajar menulis sejak dini juga dapat menjadi modal awal untuk membuka masa depannya. Apalagi anak dapat menuangkan segala ide-ide yang ada di dalam pikirannya ke dalam sebuah bentuk tulisan. Dilansir dari laman Fimela.Com, Jumat (27/11/2020) berikut beberapa cara sederhana yang dapat Anda lakukan untuk mengajarkan anak menulis.

Mulai dari Coretan

Seorang anak tentu tidak bisa langsung fasih menulis. Jadi cobalah berikan sebuah kertas dan pensil warna untuk mereka membuat coretan apa yang diinginkan. Anak-anak memulai proses ini dalam dua posisi yang sangat umum seperti menulis sambil berbaring di lantai atau menulis di permukaan vertikal. Biarkan mereka membuat coretan di seluruh kertas.

Ajarkan Menulis Angka

Gunakan pensil warna gliter untuk menarik perhatian anak. Mulailah mengajarkan anak menulis angka. Dalam hal ini mereka sangat butuh bantuan dalam memulai sebuah tulisan.

Ajarkan Menulis Huruf

Carilah buku yang memiliki trace the dot atau mencetak font sejenis melalui sebuah gambar internet. Mintalah anak untuk menyambungkan atau menebalkan huruf atau kata-kata di buku tersebut.

Menebalkan Huruf Tipis

Anda bisa membuat kata-kata atau kalimat dengan tulisan yang tipis. Mintalah anak untuk mempertebal tulisan tersebut. Jika Anda ingin yang praktis, sudah banyak buku yang menawarkan metode belajar menulis.

Rewrite : Oktaviana Dwi K.K
Sumber : Fimela.Com