oleh

4 Manfaat Rutin Konsumsi Jahe Merah

PortalMadura.Com – Jahe merupakan jenis tanaman rimpang yang cukup terkenal sebagai rempah-rempah dan bahan dasar obat. Umumnya yang diketahui banyak orang, jahe berwarna putih kekuningan.

Jahe putih itu memiliki aroma khas yang menyegarkan. Tapi siapa sangka jika selain warnanya yang putih, jahe juga ada yang berwarna merah. Ukuran rimpangnya memang lebih kecil daripada jahe putih, namun rasanya lebih pedas dan lebih pahit dari jahe biasa.

Selain itu, kandungan nutrisi jahe merah sangat kuat dibandingkan dengan jenis jahe lainnya. Manfaat yang terkandung di dalamnya juga tidak lepas dari kandungan berbagai macam nutrisi.

Salah satu kandungan nutrisi yang paling banyak terdapat dalam jahe merah adalah minyak atsiri. Dalam segi bentuk, jahe merah dan jahe putih tidak terlalu berbeda, bedanya hanya terletak pada warnanya saja.

Lantas, apa saja manfaat jahe merah bagi kesehatan?. Dilansir dari Liputan6.com yang dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa khasiat jahe merah:

Meredakan Nyeri Otot dan Sendi

Jahe merah tidak hanya dikenal bermanfaat sebagai minuman penghangat di kala cuaca dingin saja. Ternyata, jahe merah juga dapat meredakan nyeri otot dan nyeri sendi.

Sebagaimana sebuah penelitian yang diterbitkan oleh American College of Rheumatology membuktikan, bahwa ekstrak jahe dapat membantu mengurangi gejala nyeri otot. Bahkan, jahe lebih efektif mengurangi peradangan dalam tubuh dibandingkan dengan obat anti inflamasi non steroid.

Baca Juga : 3 Manfaat Jahe untuk Kecantikan Kulit Wajah

Jadi, bagi orang-orang yang mengalami penyakit nyeri rematik, manfaat jahe merah akan sangat baik untuk meredakan gejalanya. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda perlu mengombinasikan dengan berbagai bahan lainnya. Misalnya temu lawak, kumis kucing, cabe jawa, dan daun komfrey, yang direbus secara bersamaan.

Beberapa komponen aktif dalam jahe yang dapat menurunkan leukotrien dan prostaglandin yang memicu peradangan di antaranya gingerol, gingerdione, dan zingeron. Selain itu, jahe merah juga mengandung oleoresin yang lebih tinggi dari jahe lainnya, di mana oleoresin juga dapat bekerja sebagai antiperadangan.

Loading...

Mengatasi Masalah Pencernaan

Sejak zaman dahulu, jahe merah atau jahe putih sudah menjadi obat herbal alami yang digunakan untuk memperlancar sekaligus mengatasi berbagai masalah pencernaan. Hal ini didukung oleh ekstrak minyak jahe merah yang dapat melindungi sistem pencernaan dari bakteri.

Apabila mengonsumsinya, sistem pencernaan dapat bekerja dengan baik dan masalah pencernaan seperti sakit perut tidak akan muncul lagi. Perlu Anda tahu, agen antibakteri yang ada dalam jahe seperti Escherichia coli, Salmonella enteriditis, dan Staphylococcus aureus dapat melawan bakteri jahat.

Tidak hanya itu saja, manfaat jahe merah juga bisa digunakan untuk mengatasi flu dan batuk. Jadi, Anda tidak perlu khawatir lagi jika mengalami masalah kesehatan tersebut. Cukup mengonsumsi jahe merah, flu dan batuk yang diderita bisa hilang.

Mengobati Asam Urat

Selain bisa mengatasi nyeri otot dan masalah pencernaan, manfaat jahe merah ternyata juga dapat membantu menurunkan asam urat. Bahkan, jahe merah masuk dalam 10 daftar tanaman herbal yang efektif untuk mengobati asam urat. Seperti yang dirilis di laman website resmi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (KEMENKES RI).

Penyakit asam urat biasanya terjadi karena adanya penumpukan asam urat pada persendian yang menyebabkan peradangan dan timbul rasa nyeri. Jahe merah dapat membantu mengurangi peradangan di sendi dan membuang tumpukan asam urat dengan memperlancar sirkulasi darah. Dengan begitu, asam urat yang tinggi dapat berangsur-angsur pulih dan normal kembali.

Meningkatkan Kesuburan Pria

Siapa sangka jika jahe merah juga bagus bagi pria, khususnya bisa meningkatkan kesuburannya. Hal ini berkaitan dengan kandungan minyak atsiri pada jahe merah yang memiliki efek afrodisiak. Sehingga berbagai gangguan reproduksi yang biasa dialami pria dapat teratasi.

Apa itu afrodisiak?. Ia merupakan zat kimia yang digunakan untuk merangsang daya ‘seksual’ dengan cara meningkatkan serta melancarkan sirkulasi aliran darah dalam tubuh.

Apabila sirkulasi darah meningkat, maka kemungkinan aliran darah di daerah lemin juga meningkat. Alhasil, pria pun memungkinkan untuk mengalami ereksi.

Selain itu, jahe merah juga memiliki kandungan antioksidan yang diyakini dapat meningkatkan jumlah hormone testosteron pada pria. Hal inilah yang menjadi faktor penting dalam meningkatkan kesuburan pria.

Itulah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dari kandungan jahe merah. Memanfaatkan bahan alami tentunya lebih baik untuk kesehatan tubuh Anda. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com

Komentar