oleh

4 Tanda Sosiopat yang Perlu Anda Ketahui

PortalMadura.Com – Sosiopat merupakan perilaku dan sikap anti sosial yang ada pada diri seseorang. Sehingga orang yang mempunyai perilaku seperti ini mengalami gangguan kepribadian. Di satu sisi seseorang akan agresif, berbahaya bahkan merasa tidak bersalah ketika menyakiti orang lain. Namun di sisi lain, sosiopat bisa menjadi orang yang sangat baik dan karismatik.

Seorang yang sosiopat bisa membuat kekacauan jika ada hal yang diinginkan tidak terpenuhi. Selain itu, ada beberapa tanda yang bisa menggambarkan seseorang mengalami gangguan kepribadian sosiopat. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Mudah Tebar Pesona
Seorang sosiopat sangat baik dalam hal tebar pesona agar disukai oleh orang lain. Dirinya cenderung tampil fungsional dan seringkali terlihat menawan. Tetapi jauh di lubuk hatinya, orang sosiopat secara tidak sadar memiliki rasa malu dan bersalah.

Loading...

Mengkhawatirkan Pekerjaan
Kepribadian sosiopat dapat menyebabkan berbagai macam masalah di tempat kerja. Dengan begitu orang yang mengalami gangguan ini mungkin berjuang untuk mempertahankan pekerjaan. Akibatnya mereka mungkin sering kejam dengan staf, menunjukkan ketidaksukaan yang mencolok dengan rekan kerja, kurang empati, dan sulit berbaur. Mereka mungkin juga menyalahkan orang lain ketika hal-hal tidak berjalan dengan benar, melanggar aturan, tidak bertindak sebagai tim kerja, dan umumnya mendorong batas.

Pembohong
Manipulasi dan kontrol merupakan dua karakteristik yang menentukan seseorang sosiopat tapi sulit dikenali. Seorang sosiopat memiliki kebiasaan berbohong setiap hari, mulai dari hal kecil hingga yang keterlaluan. Dirinya berbohong guna melindungi diri sendiri dan memilih menyalahkan orang lain. Orang sosiopat juga defensif bila menerima julukan dari orang lain.

Berdasarkan Jenis Kelamin
Cara sosiopat mengekspresikan diri bergantung dari jenis kelaminnya. Pada perempuan, dirinya cenderung mengekspresikan lebih banyak emosi dan dapat tampil dengan pribadi ‘ngemong’, perhatian, genit, tetapi umumnya lebih manipulatif. Sementara pria cenderung lebih agresif secara fisik, terang-terangan manipulatif, dingin atau tanpa emosi. (okezone.com/Desy)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...
Tirto.ID
Loading...

Komentar