oleh

5 Alasan Mengapa Memaafkan itu Indah dan Harus Anda Lakukan

PortalMadura.Com – Memaafkan adalah hal yang susah-susah gampang. Saat ada orang yang melakukan kesalahan kepada kita, lebih-lebih hal itu sangat menyakitkan hati, maka biasanya kata maaf akan sangat sulit kita terima. Sebenarnya memaafkan bukan hanya sekedar perwujudan pengakuan rasa bersalah melainkan sebagai kebutuhan bagi seluruh umat manusia agar hati terus merasa lapang dan tenang.

Tentu saja akan banyak orang yang kontra dengan pernyataan ini. Mereka seolah menyangkal memaafkan orang yang bersalah harus dilakukan sekalipun sulit. Tapi bagaimanapun memaafkan sebuah kesalahan tidak sama dengan melupakan masa lalu yang menyakitkan. Tentu saja hal ini tidak bisa disamakan.

Sekalipun emosi menghampiri, membenci orang lain tidak akan membuat Anda bisa melangkah tanpa beban. Ada beberapa alasan mengapa sekalipun sulit, kamu harus mau memaksa diri sendiri untuk memaafkan orang lain, bahkan terlebih dirimu sendiri.Sekalipun emosi menghampiri, membenci orang lain tidak akan membuatmu bisa melangkah tanpa beban lho. Dilansir dari Fimela.com, Jumat (7/5/2021) Ada beberapa alasan mengapa sekalipun sulit, Anda harus mau memaksa diri sendiri untuk memaafkan orang lain :

Memaafkan Kesalahan Orang Lain Meringankan Beban Sendiri

Perasaan enggan memaafkan umumnya akan menjadi beban dalam hati kita. Maka dari itu, penting rasanya untuk membuang beban itu agar kita bisa hidup lebih tenang dengan saling memaafkan.

Memaafkan Kesalahan Orang Lain Memudahkanmu Jalani Hidup yang Lebih Baik

Tidak ada yang lebih indah dari pada memudahkan urusan orang lain, kesalahan yang terjadi di masa lalu harusnya disimpan dan dijadikan pelajaran, sebab ada yang lebih berharga daripada sekadar menyimpan dendam, yakni melanjutkan hidupmu dengan hati yang lebih ringan.

Memaafkan Kesalahan Orang Lain Mendamaikan Batin

Hidup yang hanya sekali dan cukup singkat pula akan sangat disayangkan jika dilalui dengan rasa dendam di hati. lebih baik memaafkan. Semua itu tak lain untuk mendamaikan batin kita sendiri.

Memaafkan Bisa Menghadirkan Keberkahan

Dengan memaafkan maka hidup kita akan terus dilimpahkan dengan keberkahan. Karena sejatinya dengan memaafkan Anda telah melakukan kebaikan, dan dengan melakukan kebaikan maka hidup Anda akan lebih mudah mendapatkan keberkahan.

Memaafkan Orang Lain, Kebaikannya untuk Dirimu Sendiri

Sebenarnya dengan memaafkan Anda tidak akan rugi apa-apa, justru ini akan sangat menguntungkan. Anda akan mendapatkan kebaikan dari rasa rendah hati Anda dan juga dapat dijadikan sebagai pelajaran bagi orang lain yang melakukan kesalahan kepada kita.

Memang tidak semudah membalikkan telapak tangan, tapi mari coba kita pelan-pelan memaafkan kesalahan orang lain. Setidaknya kita perlu mencoba untuk mendatangkan ketenangan batin dengan memaafkan kesalahan yang pernah ada. Semoga dengan begitu, hidupmu akan jadi lebih baik lagi ke depannya. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar