oleh

5 Bangunan Bersejarah di Kota Kediri yang Menarik untuk Dikunjungi

PortalMadura.Com – Kediri merupakan salah satu Kabupaten yang ada di Jawa Timur yang memiliki banyak sekali tempat wisata. Kota ini dikenal dengan makanan khas yaitu tahu kuning dan pecel tumpang. Dikota ini Anda bisa mengunjungi berbagai tempat wisata, salah satunya yaitu wisata sejarah yang seringkali dikunjungi oleh wisatawan.

Ada lima tempat di Kediri yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Dilansir dari laman Sisternet.co.id, berikut tempat wisata sejarah yang bisa Anda kunjungi saat berada di Kediri.

Selamat Ibadah Puasa

Simpang Lima Gumul

Kota Kediri pasti identik dengan bangunan ini. Tempat ini tidak pernah sepi dari pengunjung untuk mengabadikan momen berfoto bersama teman atau keluarga. Tempat ini memiliki arsitektur yang indah untuk dijadikan tempat berfoto karena mirip dengan bangunan Arc De Triomphe yang ada di Perancis. Jika Anda mengunjungi kota Kediri maka Anda harus mengunjungi bangunan ini agar Anda bisa menikmati keindahan bangunan ini secara langsung.

Gua Selomangleng

Konon dahulu pada masa pemerintahan Raja Airlangga ada sebuah gua yang dijadikan tempat bertapa bagi Dewi Kilisuci. Sehingga Gua Selomangleng menjadi tempat yang memiliki nilai sejarah dan melekat hingga saat ini. Di gua ini Anda akan menemukan beragam relief yang terpahat di dinding gua. Apabila Anda ingin mengunjungi tempat ini sebaiknya pilihlah waktu di pagi atau siang hari agar Anda bisa menjelajah dengan puas gua ini. Gua Selomangleng berada di Desa Waung, Kecamatan Mojoroto, Anda memerlukan waktu sekitar 20 menit jika dari kota Kediri.

Candi Surawana

Mendengar Kecamatan Pare pasti yang ada difikiran Anda adalah Kampung Inggris. Candi ini berada di Desa Canggu, Kecamatan Pare, candi ini memiliki corak bangunan Kerjaaan Hindu yang sudah dibangun sejak abad ke -14 silam. Gua ini dibangun sebagai wujud pemuliaan Raja Bhre Wengker yang saat itu memimpin Kerajaan Wengker. Candi ini berukuran luas 8×8 meter, kondisi candi masih rapi dan bersih.

Kelenteng Tjoe Hwie Kiong

Tempat wisata religi yang memiliki nilai sejarah terletak di Sungai Brantas yaitu Kelenteng Tjoe Hwie Kiong. Kelenteng ini masih aktif digunakan sebagai tempat beribadah. Pada saat Imlek ada banyak pertunjukan yang bisa dinikmati oelh pengunjung seperti Barongsai. Kelenteng Tjoe Hwie Kiong berada di Jalan Yos Sudarso No. 148. Karena berada di pusat kota.

Gereja Pohsarang

Kediri merupakan kota yang memiliki toleransi agama yang tinggi. Hal ini dibuktikan dengan bangunan kuil dan gereja. Gereja Pohsarang memiliki kolaborasi desain arsitektur Eropa dan Majapahit. Jika dilihat dari kejauhan sebenarnya bangunan gereja ini menyerupai sebuah kapal yang menempel pada gunung. Konon, gunung tersebut adalah Gunung Ararat, tempat nabi Nuh terdampar dan kapal tersebut menggambarkan perahu yang menyelamatkan nabi Nuh dari air bah. Inilah tempat bersejarah yang bisa Anda kunjungi di Kota Kediri.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Sisternet.co.id

Komentar