5 Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri, Anda Penasaran?

Avatar of PortalMadura.Com
5 Cara Hemat Liburan Ke Luar Negeri, Anda Penasaran?
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Berlibur bersama keluarga dengan tujuan keluar negeri biasanya akan sangat menyenangkan, apalagi jika tempat yang akan dituju menjadi salah satu negara tujuan wisatawan. Meskipun, seringkali dihadapkan pada biaya yang cukup mahal yang perlu dipersiapkan.

Oleh karena itu, lakukan perencanaan awal untuk bisa menyusun rencana perjalanan dan juga kegiatan yang akan dilakukan selama berlibur ke luar negeri. Selain itu, juga bisa dengan mudah mengatur berapa biaya yang akan diperlukan selama perjalanan. Nah agar Anda menyenangkan, sebelum berlibur ke luar negeri Anda harus mengetahui 5 hal penting berikut ini:

Manfaatkan Promo Tiket Murah
Ada banyak maskapai penerbangan yang berlomba-lomba untuk mendapatkan penumpang, sehingga memiliki kesempatan untuk mendapatkan tiket penerbangan dengan harga termurah sekalipun. Beberapa maskapai penerbangan sangat gencar untuk melakukan kegiatan promosi, salah satunya dengan cara menebar tiket promo dengan harga yang sangat terjangkau.

Bukan hanya destinasi dalam negeri saja, namun tiket promo ini juga banyak diberikan untuk pilihan berbagai destinasi penerbangan luar negeri, manfaatkan hal ini dengan baik. Pada umumnya, tiket promo akan dijual sejak jauh-jauh hari sebelum tanggal keberangkatan, sehingga harus mempersiapkan jadwal dan juga dana untuk membeli tiket ini sejak awal.

Cari informasi yang akurat mengenai hal ini lewat internet dengan cara mengunjungi situs resmi maskapai yang bersangkutan, atau dapat juga membuka situs travel agent besar lainnya yang dapat dipercaya. Jangan lupa untuk mempersiapkan jadwal dan juga dananya sejak awal, agar perburuan tiket murah dapat berjalan dengan lancar.

Pilih Waktu yang Tepat
Pemilihan waktu yang tepat wajib dipertimbangkan, sebab hal ini akan berkaitan langsung dengan jumlah biaya yang dibutuhkan untuk perjalanan ini nantinya. Sangat dianjurkan untuk memilih melakukan perjalanan di low season, di mana harga tiket dan juga penginapan serta berbagai kebutuhan liburan lainnya sangat terjangkau.

Pada waktu-waktu seperti ini, Anda akan bisa melakukan perjalanan dengan biaya yang sangat hemat, sehingga biaya perjalanan Anda bisa ditekan dengan baik. Berbeda halnya jika memilih waktu liburan di high season, maka akan dihadapkan pada biaya yang mahal, baik itu untuk pembelian tiket, sewa penginapan, dan bahkan biaya untuk memasuki berbagai destinasi wisata di sana nantinya.

Jangan salah, jumlah perbedaan harga di antara kedua musim ini terbilang cukup besar, sehingga sangat tepat jika telah mempertimbangkan sejak awal. Pilih waktu travelling di luar musim liburan, sehingga perjalanan liburan tersebut bisa dilakukan dengan uang terbatas.

Pilih Penginapan yang Murah
Selain tiket perjalanan, biaya penginapan juga menjadi salah satu komponen terbesar dalam pengeluaran liburan. Untuk itu, penting untuk mempersiapkan hal ini dengan baik sejak awal. Sama halnya dengan tiket pesawat, sewa hotel juga akan mengalami peningkatan yang tajam di musim liburan, jadi pertimbangkan juga untuk memesannya sejak jauh-jauh hari.

Tidak harus selalu yang mahal dan mewah, bisa juga menginap di hotel yang murah dan memiliki standar kualitas yang layak. Ada banyak pilihan hotel yang bisa Anda pertimbangkan, yang hanya perlu mencari informasi tersebut lewat internet saja, dan bahkan untuk pemesanannya sekalipun.

Hindari untuk memilih hotel yang lokasinya berdekatan dengan kawasan wisata, sebab harganya akan jauh lebih mahal. Ada baiknya Anda memilih hotel yang terletak sedikit jauh dari keramaian dan juga lokasi wisata, namun masih dekat dengan fasilitas angkutan publik, sehingga akan lebih mudah untuk bepergian dan menemukan berbagai kebutuhan selama di sana.

Makan dan Belanja Hemat
Selama berada di luar negeri, Anda tentu akan membutuhkan asupan gizi yang baik, agar perjalanan tetap berjalan lancar dan menyenangkan. Namun, hindarilah untuk makan di kafe / restoran yang banyak dikunjungi oleh pendatang seperti Anda (turis), sebab harga yang akan Anda bayarkan untuk makan di sana juga akan cukup mahal.

Jika melakukan perjalanan dengan uang yang terbatas, maka pilihan untuk makan di warung biasa yang banyak dikunjungi oleh warga lokal bisa dipertimbangkan. Pada umumnya, warung / rumah makan yang ramai dikunjungi oleh warga lokal akan memiliki rasa yang enak dan harga yang cukup bersahabat, termasuk untuk turis.

Selain makanan, kegiatan belanja juga menjadi hal yang patut Anda siasati dengan baik. Hindari untuk membeli berbagai barang termasuk oleh-oleh dalam jumlah yang cukup banyak, belilah secukupnya agar bisa berhemat. Cermati setiap barang yang dibeli, sebab bisa saja harganya bahkan lebih murah ketika membelinya di dalam negeri.

Kunjungi Negara Bebas Visa
Jika melakukan perjalanan dengan uang yang terbatas, maka akan sangat tepat jika Anda mempertimbangkan untuk mengunjungi berbagai negara yang telah membebaskan visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI).

Anda bisa memilih berbagai negara tujuan wisata dengan leluasa, mengingat negara-negara ASEAN telah menerapkan sistem bebas visa ini untuk kunjungan WNI ke sana. Meski hanya negara tetangga saja, tentu berbagai destinasi wisata di negara-negara tersebut juga tidak kalah indahnya dengan negara di benua lainnya, bukan?

Selain pilihan beberapa negara ASEAN, Anda juga dapat mempertimbangkan perjalanan ke beberapa negara lainnya yang telah bebas visa bagi kunjungan WNI. Maroko, Macau, dan Hongkong adalah pilihan negara bebas visa lainnya yang dapat dipertimbangkan.

Biaya visa tersebut cukup besar, terutama jika berencana mengunjungi beberapa negara sekaligus dalam satu kali perjalanan travelling, bayangkan berapa banyak uang yang dapat dihemat dengan mempertimbangkan pilihan negara bebas visa ini. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.