oleh

5 Cara Jitu Agar Tidak Mudah Minder

PortalMadura.Com – Pernahkah Anda merasa tidak nyaman karena merasa tidak sebanding atau tidak lebih baik saat berada di antara teman atau di lingkungan Anda? Perasaan seperti itulah yang disebut dengan minder.

Miliki perasaan minder merupakan suatu hal wajar yang pernah terjadi di setiap diri manusia. Namun, jangan sampai perasaan tersebut berlarut-larut sehingga membuat kepercayaan diri menurun. Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan agar Anda tidak mudah minder.

Berpikir Positif
Berpikiran secara positif merupakan hal penting yang harus dilakukan setiap hari. Berpikir positif akan membantu meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi rasa minder yang sedang dialami.

Kita tidak boleh takut untuk menghadapi kegagalan. Anggap kegagalan, kecemasan, dan kritikan orang lain sebagai motivasi kita untuk menjadi lebih baik lagi. Jangan sampai karena perasaan minder ini bikin kita malah membatasi diri.

Belajar Menghargai Diri Sendiri
Kita tidak boleh lupa untuk menghargai usaha dan pencapaian yang telah dilakukan. Walaupun hasil yang didapatkan tidak sesuai dengan ekspektasi, kita tetap harus bersyukur. Belajar menghargai diri sendiri akan menjaga mood dan kesehatan mental lho.

Menghargai diri sendiri bisa diwujudkan dengan melakukan hal-hal yang kita senangi, seperti berwisata, melakukan hobi, atau makan makanan favorit. Tapi, jangan sampai berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan hasilnya tidak akan baik

Loading...

Meningkatkan Kemampuan Diri
Setiap orang memiliki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Jadi, tidak perlu minder jika di beberapa bidang ada orang yang lebih unggul dari pada kita. Sebagai solusinya, kita dapat mencari tau potensi diri yang dimiliki dan mengembangkannya menjadi suatu kelebihan kita sendiri.

Memperluas Wawasan
FYI, kurangnya pengetahuan juga bisa jadi salah satu pemicu perasaan minder. Terkadang, wawasan yang sempit akan membuat kita susah untuk bergabung dalam pembicaraan orang sekitar dan sering merasa terasingkan. Oleh karena itu, penting untuk kita memperluas wawasan dengan cara memperbanyak belajar mengenai berbagai macam hal.

Mencari Lingkungan Pertemanan yang Mendukung
Lingkungan sosial merupakan salah satu faktor penting untuk membentuk karakter diri, salah satunya adalah lingkungan pertemanan. Kita harus mencari banyak teman yang bisa mendukung dan memberikan motivasi ketika kita sedang merasa minder. Namun bukan berarti pilih-pilih teman, tapi dengan memperbanyak teman yang percaya diri bakal memengaruhi kepribadian kita juga.

Sikapilah perasaan minder dengan cara yang positif. Semoga informasi tersebut menginspirasi hari Anda. (gadis.co.id/Nanik)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar