oleh

5 Cara Simpan Daging di Lemari Es Agar Tetap Awet

PortalMadura.Com – Apakah Anda salah satu orang yang mendapat jatah daging melimpah setelah Hari Raya Idul Adha?. Jika iya, Anda pasti berencana untuk mengolahnya menjadi masakan yang enak. Tapi, seberapa banyak pun resep yang sudah disediakan, tentunya tidak mungkin Anda buat semuanya.

Apalagi daging kurban yang didapat dalam sehari cukup banyak. Anda pasti akan bingung juga membuatnya. Jadi, sebaiknya sisa daging tersebut disimpan di kulkas. Karena lemari es menjadi tempat terbaik untuk menyimpan daging yang masih segar itu.

Lantas, bagaimana cara menyimpan daging di kulkas agar tetap awet dan tidak menyebabkan bau tidak sedap?. Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda terapkan.

Jangan Dicuci Terlebih Dahulu

Umumnya beberapa bahan makanan dicuci terlebih dahulu sebelum dimasukkan ke dalam kulkas. Tapi tidak dengan daging, Anda disarankan untuk tidak mencuci daging sebelum menyimpannya. Karena, proses pencucian bisa membuat aroma prengus semakin tajam.

Selain itu, air yang meresap ke dalam serat akan membuat daging lebih mudah rusak. Jadi, sebaiknya daging tersebut dicuci ketika hendak Anda konsumsi saja agar aromanya tidak tajam.

Potong-potong Sesuai Takaran Konsumsi Keluarga

Daging yang berukuran besar tentunya akan memakan ruang yang banyak pula di dalam kulkas. Jadi sebelum disimpan, sebaiknya potong-potong daging sesuai ukuran konsumsi keluarga dalam sehari.

Dengan kata lain, mencairkan daging beku yang berukuran lebih kecil tentu lebih mudah daripada bongkahan daging yang besar. Anda pun akan lebih mudah saat hendak mengolahnya menjadi masakan. Selain itu, daging yang lebih kecil juga memakan lebih sedikit tempat di lemari es.

Loading...

Masukkan ke dalam Wadah Kedap Udara

Selain dipotong dan tidak dibersihkan, Anda juga perlu memasukkan daging ke dalam wadah kedap udara. Tapi yang perlu Ada perhatikan adalah wadah atau kantung plastik yang digunakan berbahan food grade. Karena wadah ini akan bersentuhan dengan daging hingga berbulan-bulan. Jangan sampai wadah yang digunakan membahayakan kesehatan.

Bekukan di Suhu -18 Derajat Celcius

Tujuan Anda menyimpan di kulkas tentu menginginkan daging tetap segar dan tahan lama. Jadi, simpan daging di chiller dengan suhu -18 derajat Celcius.

“Tujuan utama membekukan daging adalah untuk menidurkannya. Dalam keadaan beku, bakteri di dalam daging tidak akan bereaksi. Hal ini akan membuat daging awet secara alami,” kata head sales and marketing PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk. Sugiman, yang dilansir PortalMadura.Com, Selasa (13/8/2019) dari laman Merdeka.com

Jika Hendak Dicairkan, Pindah ke Bagian Lemari Es yang Suhunya Lebih Rendah

Cara terakhir dari penyimpanan daging tersebut yaitu jangan mencairkan di suhu ruangan. Maksudnya, kalau Anda ingin mengolah daging yang sudah dibekukan, jangan dicairkan di suhu ruangan.

Karena, daging yang sudah bersentuhan dengan udara luar akan mulai bereaksi terhadap bakteri. Jadi, sebaiknya pindahkan daging ke luar freezer. Letakkan di shelf atau rak yang suhunya lebih rendah agar daging mencair tanpa kehilangan suhu dinginnya.

Baca Juga : Hamil 9 Bulan, Gadis Cantik Diperkosa Bapak Kandungnya di Sampang

Itulah beberapa cara menyimpan daging di kulkas yang bisa Anda coba lakukan agar tetap segar, tahan lama dan tidak berbau. Semoga bermanfaat.


Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : merdeka.com

Komentar