oleh

5 Fakta Menarik Candi Prambanan Yogyakarta

PortalMadura.Com – Kota Yogyakarta banyak sekali menyimpan berbagai budaya serta nilai-nilai historisnya. Bahkan masih terdapat beberapa peninggalan yang memiliki umur ratusan tahun dan tetap berdiri kokoh sampai hari ini. Hal itu juga menjadi daya tarik pada wisatawan untuk datang ke kota Yogyakarta.

Bicara tentang peninggalan bersejarah di Yogyakarta, pasti Anda langsung teringat dengan 2 candi yang sangat ikonik di kota pelajar tersebut, yaitu, Candi Prambanan dan Candi Borobudur. Nah, kali ini kita akan membahas tentang fakta menarik candi yang berlokasi di kecamatan Prambanan, Sleman dan kecamatan Prambanan, Klaten. Kurang lebih 17 kilometer timur laut Yogyakarta, 50 kilometer barat daya Surakarta dan 120 kilometer selatan Semarang. Persis di perbatasan antara provinsi Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tahukah Anda, selain bangunannya yang bersejarah dan megah, ternyata bangunan ini juga memiliki berbagai fakta yang menirik.

Dilansir dari phinemo.com, Minggu (9/5/2021) inilah beberapa pilihan fakta-fakta menarik dari Candi Prambanan yang harus Anda tahu:

Nama Asli Candi Prambanan

Nama Prambanan yang selama ini Anda kenal ternyata bukanlah nama asli. Nama asli candi ini ialah Siwagrha. Untuk nama itu sendiri diambil dari bahasa Sansekerta yang berarti rumah Siwa.

Candi Prambanan dirancang menyerupai Gunung Semeru

Dibentuk menyerupai gunung semeru, karena orang zaman dahulu memiliki kepercayaan bahwa Mahameru merupakan rumah para Dewa. Jadi secara tidak langsung gunung ini dipercaya sebagai rumah dari para dewa. Lalu dari setiap bagian dari candi ini juga mengikuti pola alam semesta yang dimiliki oleh kosmologi Hindu Kuno.

Candi Siwa menjadi bangunan pemujaan Dewa Siwa terbesar di Indonesia

Memang menurut faktanya bahwa candi ini memang menjadi candi Hindu terbesar yang diperuntukan untuk penyembahan dewa Siwa di Indonesia. Lalu di candi ini juga terdapat puncak candi Siwa yang berdiri setinggi 47 meter.

Relief Candi Prambanan bercerita tentang Ramayana

Jika Anda cermati pada setiap relief-relif yang tercantum di dinding candi ini terdapat cerita yang menarik. Alur cerita Ramayana dimulai pradakshina atau sisi timur di kompleks Candi Siwa. Supaya lo bisa mengikuti alur ceritanya, lo harus jalan memutar sesuai dengan arah jarum jam. Lalu dari situ lo bisa melanjutnya cerita Ramayana di sisi barat Candi Brahma.

Benarkah Candi Prambanan Dibangun oleh Bandung Bondowoso dalam Satu Malam?

Ada beberapa cerita yang menyebutkan bahwa Candi Prambanan itu di bangun oleh Bandung Bondowoso dalam satu malam, lalu di bantu oleh beberapa makhluk gaib. Namun hal itu belum terbukti kebenarannya. Karena Candi Prambanan itu sendiri dibangun oleh Rakai Pikatan. Hal itu bisa dilihat dalam prasasti Wantil dan prasasti Siwagrha atau candi Siwa. Berdasarkan ciri-ciri yang ditorehkan dalam prasasti, bangunan tersebut identik sekali dengan Candi Siwa di komplek Candi Prambanan.

Bagaimana, sekarang sudah tahu ‘kan? itulah beberapa fakta unik Candi Prambanan Yogyakarta yang harus Anda tahu.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : phinemo.com

Komentar