5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengendarai Mobil Baru

Avatar of PortalMadura.com
5 Hal yang Perlu Dihindari Saat Mengendarai Mobil Baru
ilustrasi

PortalMadura.Com – Punya mobil baru memang hal yang menyenangkan dan menjadi kepuasan tersendiri. Sehingga, biasanya pemilik tidak sabar untuk merasakan kenyamanan serta kinerja dari mobil barunya tersebut.

Sayangnya, tidak banyak orang yang tahu bahwa mobil baru harus mendapat perlakuan khusus. Pasalnya, kondisi dan kualitas mesin ditentukan oleh 1.000 km pertama.

Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu Anda hindari saat . Apa saja?. Berikut ini ulasannya:

Akselerasi
Mesin pada mobil baru bisa dibilang cukup sensitif. Karena itu, melakukan akselerasi terlalu cepat perlu dihindari. Hal ini juga berpengaruh pada kecepatan ketika melakukan perpindahan gigi.

Jarak Tempuh
Meskipun nantinya hanya akan digunakan ke kantor atau pun tujuan lain yang dekat, disarankan untuk mengendarai mobil baru dengan jarak jauh. Pada 1.000 km pertama, mesin mobil masih belum terlalu matang sehingga perlu dipanaskan. Sebaiknya, kendarai mobil dengan jarak tempuh di atas 8 km.

Menyentuh Red-line
Mendengar raungan mesin ketika menyentuh redline atau batas maksimal putaran mesin memang menyenangkan. Selain itu, kecepatan yang hilang saat mengganti gigi juga tidak terlalu banyak. Namun, hal itu haram dilakukan pada mobil baru. Upayakan mengganti gigi pada kisaran 4.000 rpm selama 1.000 km pertama.

Digunakan Sebagai Derek
Hindari menggunakan mobil sebagai kendaraan derek, apalagi jika memang tidak didesain untuk melakukan hal itu. Pasalnya, aktivitas menderek membuat mobil bekerja lebih keras. Akhirnya, mesin akan aus sebelum waktunya.

Tidak Memanaskan Mesin
Memanaskan mesin adalah hal yang wajib dilakukan oleh pemilik mobil baru. Dapur pacu dingin akan membuatnya bekerja lebih keras dan cepat rusak. Selain itu, mesin mobil yang panas akan membuatnya melaju dalam performa terbaik. Bahkan, efisiensi bahan bakar pun ikut terpengaruh. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.