oleh

5 Jenis Minyak Goreng Ini Aman Untuk Cegah Penyakit Jantung

PortalMadura.Com – Pola makan yang banyak mengandung lemak jenuh dikaitkan dengan meningkatnya kadar kolesterol dan risiko penyakit jantung. Oleh karena itu, menjalani pola hidup sehat termasuk pemilihan jenis minyak goreng menjadi penting. Tiap jenis minyak goreng memiliki kadar lemak tak jenuh (lemak baik) dan lemak jenuh (lemak jahat) yang berbeda-beda.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Senin (18/1/2021), berikut berbagai pilihan minyak goreng yang baik untuk kesehatan jantung:

Minyak Zaitun

Ini karena lemak dalam minyak zaitun sebagian besar berupa lemak tak jenuh dan tidak mengandung kolesterol. Minyak ini mengandung sejumlah antioksidan serta sedikit vitamin E dan K. Minyak zaitun dapat digunakan untuk mengolah makanan dengan cara ditumis dalam suhu sedang.

Minyak Kacang

Minyak kacang mengandung vitamin E dan berbagai jenis lemak, namun kandungan lemak baiknya lebih tinggi daripada lemak jahat. Minyak goreng ini karena dianggap baik untuk kesehatan jantung.

Minyak Alpukat

Lemak yang terkandung di dalam minyak alpukat juga berupa lemak tidak jenuh, serta bebas kolesterol, sehingga baik untuk jantung. Minyak ini aman digunakan dalam suhu yang tinggi tanpa membuatnya berasap.

Sunflower Oil

Minyak biji bunga matahari mengandung lemak baik jenis lemak tak jenuh ganda, antioksidan seperti flavonoid dan asam fenolat, vitamin E, serta mineral.

Minyak Kanola

Minyak kanola memiliki ciri khas yaitu tidak memiliki rasa. Selain itu, titik asap minyak kanola tergolong tinggi sehingga bagus digunakan untuk memanggang, membakar, dan menumis. Titik asap adalah batas suhu di mana minyak akan mengalami perubahan kandungan gizi. Minyak kanola juga mengandung omega-3 dan omega-6 yang sangat tinggi dibandingkan minyak nabati lainnya.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar