oleh

5 Kelebihan Pemilik Kepribadian Introvert

PortalMadura.Com – Ada dua tipe kepribadian manusia yang bisa dibedakan yakni esktrovert dan introvert. Kepribadian ektrovert biasanya cenderung melihat ke arah luar dirinya, mengeluarkan energi, dan mengambil pandangan-pandangan dari luar dirinya. Ektrovert juga dikenal dengan pribadi yang mudah bergaul, cenderung lebih banyak memberikan pendapat, menerima pendapat dari luar, dan lebih mampu dalam berpikir objektif, serta akan jauh lebih mudah dalam menerima sesuatu.

Sedangkan orang yang berkepribadian introvert cenderung memusatkan energi ke dalam dirinya sendiri, tidak mengeluarkannya, dan memendamnya. Mereka juga cenderung tidak mau terbuka dengan orang lain, dan terkadang sangat tidak dapat menerima pendapat ataupun dorongan dari dunia luar (eksternal).

Tidak ada yang lebih baik atau pun lebih buruk. Namun kita bisa menilai dan melihat kelebihan dari keduanya. Seperti pemilik kepribadian introvert, meski tampak tenang dan pendiam, ternyata memiliki banyak kelebihan lho. Berikut beberapa kelebihan dari kepribadian introvert.

Penyelesai Masalah yang Unggul
Introvert unggul dalam hal menyelesaikan masalah atau menemukan solusi yang tepat untuk berbagai masalah. Karena pada dasarnya ia adalah pemikir dan suka menganalisis. Peneliti seklaigus penulis Introvert Power, Laurie Helgo, menemukan bahwa otak orang introvert bekerja dengan cepat dan baik dalam hal mengambil data, menganalisis, menemukan titik masalah dan menemukan solusinya.

Baca Juga: 4 Hal yang di Butuhkan Introvert Saat Jatuh Cinta

Perencana yang Baik
Jangan ragukan kebiasana introvert yang selalu prepare ke mana pun. Ia perencana yang baik, dan memastikan masa depannya tidak merepotkan dirinya sendiri. Ia berpikiran jangka panjang dan seringkali menjadi yang paling lama mengambil keputusna karena faktor ini. Ia melihat dari banyak sisi sebelum bertindak.

Penulis Berbakat
Ini adalah kelebihan yang jarang dimiliki ekstrovert, menjadi pengarah dan penulis yang baik, karena mereka mengandalkan kemampuan verbal. Sebaliknya dengan introvert yang menggunakan otaknya lebih banyak dibandingkan aktivitas yang menguras tenaganya. Introvert fokus pada pemikiran yang mendalam, bisa menuliskan ide dalam otaknya dengan baik.

Pendengar yang Baik
Dari pada mendominasi percakapan, ia lebih sering di sisi pendengar. Introvert jadi pendengar yang baik dari cerita teman-temannya, dan karena kelebihan inilah ia sering jadi tempat curhat banyak temannya. Bahkan penelitian dari Harvard Business School menemukan bahwa ia bisa jadi pemimpin yang lebih baik karena mau mendengarkan pendapat orang lain.

Pikiran Kreatif dan Out of The Box
Introvert memiliki dunianya sendiri dan memiliki jiwa kreatif yang alami tumbuh dari dalam diri. Meski tidak pintar mengekspresikan diri, namun pikirannya selalu out of the box, ia punya banyak ide menarik yang inovatif. Penelitian yang dilakukan psikolog Mihaly Csikszentmihalyi dan Gregory Feist bahkan menemukan bahwa mayoritas orang kreatif adalah introvert.

Jadi, beruntung dan patut disyukuri jika Anda menjadi sosok introvert, sebab ada banyak kelebihan dari diri Anda yang patut dibanggakan. Semoga bermanfaat.

Rewriter: Nanik Dwi Jayanti
Sumber : fimela.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE