oleh

5 Manfaat Buah Ceri Kersen Bagus Untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Manfaat buah ceri kersen untuk kesehatan belum banyak diketahui masyarakat. Buah ceri kersen ini banyak tumbuh di pekarangan rumah bahkan di tepi jalan. Namun, meski mudah dijumpai, buah berukuran kecil ini kerap diabaikan dan dianggap tidak bernilai dan tidak bermanfaat. Padahal, ada banyak manfaat buah ceri kersen bagi kesehatan tubuh. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen memiliki segudang nutrisi seperti vitamin, antioksidan, bahkan antibiotik alami yang baik untuk tubuh.

Salah satu manfaat buah ceri kersen yang paling terkenal untuk diabetes dan kolesterol. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen kaya akan serat yang terdapat di kulit buahnya.

Berikut manfaat buah ceri kersen untuk kesehatan yang dilansir dari laman Liputan6.Com, Jumat (22/5/2020).

Mengontrol Gula Darah
Buah ceri kersen identik dengan rasanya yang manis. Namun buah ini sangat aman dikonsumsi bagi penderita diabetes, bahkan dipercaya dapat mengontrol kadar gula darah. Penurunan kadar gula darah yang cukup signifikan setelah mengonsumsi ekstrak buah kersen. Hal ini membuktikan bahwa buah ceri kersen memiliki kemampuan untuk mengontrol gula darah, sehingga baik dikonsumsi oleh penderita diabetes. Buah kersen juga dapat membantu menstabilkan gula darah atau bahkan menurunkan dosis injeksi insulin.

Mengurangi Rasa Sakit Asam Urat
Manfaat buah ceri kersen lainnya dapat mengurangi rasa sakit akibat asam urat. Bagi penderita asam urat kerap merasakan rasa nyeri yang hebat. Nah, untuk mengurangi rasa sakitnya, Anda bisa mengonsumsi buah ceri kersen secara rutin.

Menjaga Kesehatan Jantung
Pada daun dan buah ceri kersen memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan buah ceri kersen memiliki kemampuan untuk melancarkan aliran darah yang merupakan salah satu kriteria jantung sehat. Jika aliran darah menuju jantung Anda tidak lancar, maka jantung akan berpotensi mengalami kerusakan. Oleh karena itu, cobalah untuk mengonsumsi buah ceri kersen dan daunnya untuk membantu menjaga kesehatan jantung dan terhindar dari berbagai penyakit kardiovaskular.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Manfaat buah ceri kersen selanjutnya dapat menurunkan tekanan darah tinggi. Penyebab tersering tekanan darah tinggi adalah akibat gaya hidup yang tidak sehat, seperti makanan tinggi garam, tinggi lemak, dan merokok. Untuk mengtasi masalah tekanan darah tinggi ini, Anda bisa memanfaatkan kandungan nitric oxide dalam buah ceri kersen. Kandungan ini mampu bekerja untuk melemaskan pembuluh darah sehingga dapat mengalir dengan lancar dan secara langsung menurunkan tekanan darah.

Sumber Antioksidan
Buah ceri kersen ini memiliki kandungan antioksidan yang tinggi sehingga dapat menjadi sumber antioksidan bagi tubuh. Pada buah ceri kersen memiliki kurang lebih 24 senywa flavonoid dan fenonil di dalamnya. Hal inilah yang menandakan kalau ceri kersen merupakan buah yang kaya akan antioksidan.(*)

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

portalmadura.com tidak bertanggung jawab atas isi komentar yang ditulis. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE