oleh

5 Manfaat Kacang Tolo Untuk Kesehatan Yang Jarang Diketahui

PortalMadura.Com – Kacang tolo umumnya berwarna pucat dengan bintik hitam, cokelat, atau merah yang menyerupai mata. Di balik rasanya yang lezat, ada segudang manfaat kacang tolo bagi kesehatan tubuh, mulai dari menurunkan berat badan hingga menyehatkan jantung.

Dilansir dari laman Alodokter.Com, Sabtu (23/1/2021), berikut manfaat kacang tolo untuk kesehatan:

Menjaga Kesehataan Saat Hamil

Kacang tolo mengandung folat yang berperan baik untuk perkembangan saraf dan otak janin. Oleh karena itu, mengonsumsi kacang tolo baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi dalam kandungannya.

Bantu Turunkan Berat Badan

Kandungan protein dan serat larut di dalamnya yang dapat menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama dan mengendalikan nafsu makan. Mengonsumsi kacang-kacangan, termasuk kacang tolo, bisa menurunkan berat badan secara efektif sekaligus mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kandungan serat larut yang tinggi dalam kacang tolo dapat membantu melancarkan buang air besar pada penderita konstipasi. Selain baik untuk menurunkan berat badan, serat larut juga merupakan nutrisi penting untuk mendukung kesehatan sistem pencernaan.

Mengontrol Kadar Gula Darah

Kacang tolo bisa dijadikan sebagai salah satu makanan yang baik bagi penderita diabetes. Kandungan serat pada kacang tolo diketahui bisa memperlambat penyerapan gula dalam usus dan mencegah lonjakan kadar gula darah.

Meningkatkan Kesehatan Jantung

Mengonsumsi kacang tolo secara rutin juga diketahui bisa meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini berkat kandungan polifenol di dalamnya yang berfungsi sebagai antioksidan untuk mengurangi peradangan kronis yang dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung.

Rewriter : Raudatul Fitrah
Sumber : Alodokter.Com

Komentar