5 Manfaat Sabun Batang Bagi Seputar Masalah Rumah

Avatar of PortalMadura.com
5 Manfaat Sabun Batang Bagi Seputar Masalah Rumah
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini keberadaan mulai digeser sabun cair, disebabkan lebih praktis ketika digunakan. Namun selain eksistensi sabun batang makin terpinggirkan, ternyata mempunyai fungsi yang beraneka ragam.

Sabun batang ternyata bisa digunakan untuk membantu ragam permasalahan di rumah. Anda bahkan bisa menghemat biaya renovasi dengan hanya memanfaatkan sabun batang. Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Jumat (13/9/2019) dari laman liputan6.com yang mengutip dari Dekoruma. Berikut ini kegunaan sabun batang:

Menutupi Lubang Bekas Paku

Memindahkan posisi foto atau lukisan dinding ke area dinding lain kerap menjadi cara mudah menghadirkan nuansa baru dalam ruangan. Namun, lubang paku bekas lukisan atau foto membuat estetika dinding jadi menurun.

Alih-alih menggunakan semen untuk menutupinya, pakailah sabun batang dengan cara menggosoknya di lubang tersebut sampai tertutup. Pilih warna sabun batang yang sama dengan cat dinding. Setelah itu, lapisi dengan cat dinding.

Mencegah Cermin Berembun

Mandi dengan kucuran air hangat membuat tubuh yang lelah kembali bugar. Efek sampingnya, cermin di kamar mandi jadi berembun sehingga Anda sulit menggunakannya.

Untuk mencegah hal itu, lap cermin dengan kain kering untuk mengusir kotoran-kotoran kecil saat dalam keadaan kering. Kemudian, gosokkan sabun batang kering pada seluruh permukaan cermin. Hasilnya, cermin tidak berembun lagi saat sedang mandi air hangat.

Baca Juga: Hari Lingkungan Hidup Sedunia, Bupati Sumenep Pimpin Bersih-bersih Pantai

Pengharum Lemari Pakaian dan Laci

Biasanya untuk mencegah pakaian berbau tidak sedap di lemari, pengharum lemari berbentuk padat hingga lembaran pun jadi solusinya. Sabun batang bisa jadi alternatif juga dan lebih ekonomis.

Buka pembungkus sabun batang dan pindahkan sabun ke dalam wadah kain tipis. Gantungkan atau letakkan di lemari atau laci. Pakaian pun jadi wangi dan siap digunakan.

Melancarkan Pintu Macet dan Menghilangkan Bunyi Derit

Pintu macet dan berderit memang menyebalkan, terutama pintu geser. Di samping penggunaan oli yang merepotkan dan memberikan bercak hitam bila tidak digunakan dengan hati-hati, gunakan sabun batang sebagai penggantinya.

Caranya mirip dengan masalah yang lainnya. Cukup gosokkan sabun batang di railing pintu sambil dicoba menggeser pintu berkali-kali. Jika masih macet dan berbunyi, tambahkan sabun batang lagi hingga pintu bisa dibuka dengan lancar dan tidak berbunyi.

Melancarkan Kunci Macet

Kunci yang susah dimasukkan ke dalam lubang karena kurang licin bisa jadi masalah, apalagi saat Anda sedang buru-buru. Supaya hal ini tidak terjadi, cegah dengan sabun batang.

Gosok di kedua permukaan kunci dan masukkan ke dalam lubang. Lakukan berkali-kali hingga kunci bisa lancar masuk ke dalam lubang.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.