oleh

5 Menu Sarapan Bayi yang Mulai Belajar Makan Sendiri

PortalMadura.Com – Bertambahanya usia bayi harus sesuai dengan tumbuh kembangnya. Pada bayi yang sudah berusia 9 bulan pada umumnya sudah bisa belajar makan sendiri. Pada usia ini bayi belajar untuk menggenggam potongan makanan kecil diantara ibu jari dan jari telunjuknya. Dimasa ini bayi akan belajar memasukkan makanan ke mulutnya.

Seorang ibu bisa memberikan makanan pada bayi sehingga ibu bisa mengetahui makanan yang di suka dan tidak di suka oleh bayi. Anda tidak perlu bingung untuk memberikan menu sarapan bagi bayi karena ada menu makanan dasar yang bisa Anda berikan. Dilansir oleh PortalMadura.Com pada laman Popmama.Com berikut menu sarapan yang bisa Anda berikan untuk bayi.

Buah Bertekstur Lembut

Menu sarapan yang bisa Anda berikan pada bayi adalah buah. Pilih buah yang memiliki tekstur lembut. Tekstur yang lembut sangat baik untuk mengawali hari bayi. Selain itu buah memiliki kandungan vitamin dan nutrisi yang dapat menajga imun bayi, kesehatan tulang, dan umumnya bayi suka dengan manisnya buah.

Anda juga bisa berkreasi dengan bahan utama buah ini. Seperti membuat puding, puree pisang, atau puding beri. Disarankan untuk memberikan makanan yang tidak memiliki biji agar tidak membahayakan bayi dan berikan dalam potongan kecil.

Roti dan Biji-bijian

Biasanya bayi menyukai berbagai variasi roti dan biji-bijian. Anda bisa membuat roti bakar atau panggang dengan taburan kayu manis di atasnya. Anda juga bisa memberikan sereal sebagai sarapan bayi. Pastikan roti dan seral yang diberikan dalam keadaan sudah di potong kecil-kecil.

Telur

Menu selanjutnya yang bisa diberikan pada bayi sebagai menu sarapanadalah telur. Anda bisa memberikan telur rebus, omlet, telur dadar dan lainnya pada bayi. Kandungan protein yang tinggi pada telur sangat baik untuk tumbuh kembang bayi.

Kentang

Menu lain yang mudah untuk dikreasiakan adalah kentang. Tekstur yang lembut pada kentang dan juga kandungan karbohidrat yang dapat mengenyangkan sangat direkomendasikan sebagai bahan utama sarapan buat bayi.

Pasta

Agar bayi tidak bosan dengan menu sarapan yang Anda berikan maka Anda harus mencari bahan lainnya. Bahan yang bisa Anda gunakan adalah pasta. Bentuk pasta yang mudah untuk dikonsumsi oleh bayai adalah makaroni karena Anda tidak perlu repot-repot untuk memotong menjadi kecil. Anda juga bisa mencampurkan dengan bahan lain yang memiliki kandungan tinggi lemak seperti keju, daging sapi, dan susu yang baik untuk tumbuh kembang bayi.

Rewrite : Lisa Mana L
Sumber : Popmama.Com

Komentar